Pemanfaatan Tools AI dalam Pembuatan Materi Pengajaran bagi Guru- Guru di BPPK Bandung

Authors

  • Erwani Merry Sartika Universitas Kristen Maranatha
  • Ratnadewi
  • Heri Andrianto
  • Agus Prijono
  • Aan Darmawan
  • Yohana Susanthi
  • Anthonius Chandra

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v4i4.9399

Abstract

Pendidik seperti guru perlu mengikuti perkembangan teknologi, namun juga tetap menginspirasi siswa agar teknologi dapat digunakan untuk tujuan positif dan produktif. Teknologi kecerdasan buatan (AI) saat ini banyak digunakan untuk membantu pendidik dalam mengembangkan materi pembelajaran. Pendekatan metode partisipatif yaitu masyarakat terlibat aktif dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah berupa kebutuhan dari guru-guru di BPPK untuk dapat mengembangkan diri dengan mengikuti workshop tools AI ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 84% peserta dapat menyimak dan mengikuti pelatihan berupa workshop yang melibatkan peserta secara aktif dalam diskusi, praktik, dan pengembangan keterampilan secara langsung. Pengembangan metode pengabdian diperlukan sehingga guru-guru dapat mendapat mempelajari dan mempraktikkan materi yang diberikan dengan lebih baik.

References

W. Ode, M. La, and O. Alumu, ‘Peran Pendidikan Dalam Mencerdaskan Masyarakat’, J. Kaji. Pendidik. Keislam., vol. 11, no. 3, pp. 231–240, 2019.

O. Wyman, C. Wang, M. Zhang, A. Sesunan, and L. Yolanda, Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia, vol. 4, no. 2. 2023.

J. G. Z. Mambu et al., ‘Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital’, J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 2689–2698, 2023.

M. B. Lykes and H. Scheib, The Artistry of Emancipatory Practice: Photovoice, Creative Techniques, and Feminist Anti-Racist Participatory Action Research. 2017.

Suprayekti and A. Septyara Dwi, ‘Pelaksanaan Program Workshop "Belajar Efektif " Untuk Orang Tua’, J. Ilm. Visi PGTK dan DIKMAS, vol. 12, no. 2, pp. 129–136, 2017, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/259992-pelaksanaan-program-workshop-belajar-efe-e164e193.pdf.

A. Setiawan, Prompt Engineering untuk ChatGPT ( Bab 12 ), no. December. 2023.

R. D. Dermawan and Herdianto, ‘Meningkatkan Kinerja Output ChatGPT Melalui Teknik Prompt Engineering Yang Dapat Dikustomisasi’, J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 10646–10664, 2024.

R. W. McGee, ‘Using ChatGPT and Bing Image Creator to Create Images of Martial Artists: An Application of Artificial Intelligence to Create Art’, Available SSRN 4665226, no. December, 2023, doi: 10.13140/RG.2.2.19695.61603.

B. Falah and Nerisma Eka Putri, ‘Artificial Intelligence Berbasis Chatbot: Sarana Baru Panduan Hukum Keluarga Digital’, QISTHOSIA J. Syariah dan Huk., vol. 4, no. 2, pp. 126–140, 2023, doi: 10.46870/jhki.v4i2.765.

Amanda Amanda, Elsa Muliani Sukma, Nursyahrina Lubis, and Utami Dewi, ‘Quillbot As An AI-powered English Writing Assistant: An Alternative For Students to Write English’, J. Pendidik. dan Sastra Ingg., vol. 3, no. 2, pp. 188–199, 2023, doi: 10.55606/jupensi.v3i2.2026.

R. J. Putri and A. Mudinillah, ‘Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI di SDN 02 Tarantang’, MADROSATUNA J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 2, pp. 65–85, 2021, doi: 10.47971/mjpgmi.v4i2.377.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Articles