PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN PRESENTASI MENGGUNAKAN GENERATIVE AI BAGI GURU-GURU DI BPPK BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v4i5.9400Abstract
Generative IA hasil dari ChatGPT digunakan untuk membuat presentasi menjadi semakin menarik dalam pengajaran guru-guru menjadi tujuan dari pengabdian ini. Peningkatan kemampuan pembuatan presentasi menggunakan metode service learning dengan dukungan asisten dirancang agar langkah-langkah generative AI yang harus dilakukan dapat terpantau dengan baik. dosen-dosen memperdalam empati, keterlibatan sosial, dan memberikan kontribusi yang bermakna bagi guru-guru. Selain itu pemanfaatan tools AI perlu divalidasi oleh guru-guru terkait kebenaran semua informasi yang diberikan oleh AI. Pelatihan lanjutan merupakan salah satu permintaan dari peserta dan tugas proyek menjadi tindak lanjut pengawasan penerapan materi pelatihan pemanfaatan tools AI bagi guru-guru BPPK.
References
[1] T. Nurrita, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.
[2] B. Falah and Nerisma Eka Putri, ‘Artificial Intelligence Berbasis Chatbot: Sarana Baru Panduan Hukum Keluarga Digital’, QISTHOSIA J. Syariah dan Huk., vol. 4, no. 2, pp. 126–140, 2023, doi: 10.46870/jhki.v4i2.765.
[3] J. G. Z. Mambu et al., ‘Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital’, J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 2689–2698, 2023.
[4] L. Banh and G. Strobel, ‘Generative artificial intelligence’, Electron. Mark., vol. 33, no. 1, 2023, doi: 10.1007/s12525-023-00680-1.
[5] M. Kristianto and D. Yuono, ‘Interaksi Manusia Dan Ai Sebagai Pendekatan Desain Ruang Kreatif’, J. Sains, Teknol. Urban, Perancangan, Arsit., vol. 5, no. 2, pp. 1699–1710, 2023, doi: 10.24912/stupa.v5i2.24310.
[6] E. Setyowati and A. Permata, ‘Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat’, Bakti Budaya, vol. 1, no. 2, p. 143, 2018, doi: 10.22146/bb.41076.
[7] I. Nusanti, ‘Strategi Service Learning Sebuah Kajian untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran’, J. Pendidik. dan Kebud., vol. 20, no. 2, p. 251, 2014, doi: 10.24832/jpnk.v20i2.142.
[8] N. F. Imelda Sutanto, Diana Effendy, ‘Metode Service Learning sebagai Model Pembelajaran Sejarah Studi Kasus: Proses Pembelajaran Desain Interior untuk Komunitas Roodebrug Soerabia’, 1967.
[9] I. S. Windiarti, S. Bahri, and A. Prabowo, ‘Melangkah Maju dengan Teknologi Generative AI: Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Kota Palangkaraya’, Parta J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 46–52, 2023, doi: 10.38043/parta.v4i1.4344.
[10] M. Murniyetti, R. Rahman, I. Muliati, and W. Qodratulloh S, ‘Respon Guru terhadap Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di Kota Padang)’, HAWARI J. Pendidik. Agama dan Keagamaan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 123–130, 2024, doi: 10.35706/hw.v4i2.10780.
[11] U. Hasdiana, Aplikasi Visual Basic, vol. 11, no. 1. 2018.
[12] Supangat, M. Z. bin Saringat, and R. Koesdijarto, ‘Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa’, Konf. Nas. Ilmu Komput., pp. 270–279, 2021, [Online]. Available: https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erwani Merry Sartika, Novie Theresia Br. Pasaribu, Daniel Setiadikarunia, Judea Janoto Jarden, Riko Arlando Saragih, Herawati Yusuf, Elia Moses

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.