Pelatihan Storytelling (Storynomics) untuk Tour Guiding Pegawai Yayasan Kristen untuk Umum (YAKKUM)
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v4i5.9707Abstract
Industri pariwisata memiliki potensi yang signifikan untuk inklusivitas, menawarkan kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk menjadi partisipan aktif. Storytelling adalah keterampilan penting bagi pemandu wisata, yang memungkinkan mereka untuk secara efektif melibatkan dan mengedukasi wisatawan. Bagi para penyandang disabilitas, menguasai keterampilan storytelling dapat membuka pintu menuju karir mandiri di bidang pariwisata, mempromosikan kemandirian dan inklusi sosial. YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Umum) adalah organisasi terkemuka di Indonesia yang berdedikasi untuk meningkatkan kehidupan para penyandang disabilitas. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan program pelatihan storytelling yang komprehensif bagi karyawan YAKKUM, membekali mereka dengan teknik-teknik yang diperlukan untuk menjadi pemandu wisata yang mahir. Program pelatihan ini mencakup orientasi, teknik storytelling dasar dan lanjutan, sesi storytelling praktis, dan pelatihan lapangan, yang didukung oleh permainan peran dan diskusi kelompok. Evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan storytelling dan kepercayaan diri para peserta, yang mengarah pada peningkatan kesempatan kerja dan kemandirian finansial. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen YAKKUM untuk menciptakan peluang yang inklusif dan mendorong partisipasi aktif penyandang disabilitas di sektor pariwisata.
References
[1] S. Darcy, B. McKercher, and S. Schweinsberg, “From tourism and disability to accessible tourism: a perspective article,” Tour. Rev., vol. 75, no. 1, pp. 140–144, Feb. 2020, doi: 10.1108/TR-07-2019-0323.
[2] G. Richards and J. Wilson, “Storytelling and the City: A Formative Evaluation of the City Guides Programme,” City Tour. Natl. Cap. Perspect., 2007, [Online]. Available: https://consensus.app/papers/storytelling-city-guides-research-evaluation/83fceeb6be8b9c32b35f05989b30a86d/?utm_source=chatgpt
[3] YAKKUM, “Inclusive Tourism Training for Disabled People: A Case Study of YAKKUM,” J. Incl. Tour., 2020, [Online]. Available: https://consensus.app/papers/inclusive-tourism-training-disabled-yakkum/7dd64fbda5d14c55c7bca6a3fa2e6f16/?utm_source=chatgpt
[4] T. Suharto and P. Nugroho, “Disability Inclusion in Tourism: Insights from YAKKUM,” J. Tour. Stud., 2019, [Online]. Available: https://consensus.app/papers/disability-inclusion-tourism-yakkum/56e5d4a63e13492c6c9e0b6d5fa547d5/?utm_source=chatgpt
[5] N. Morgan and A. Pritchard, “The Power of Storytelling in Tourism Marketing,” J. Tour. Mark., 2010, [Online]. Available: https://consensus.app/papers/power-storytelling-tourism-marketing/1a9a7d4a8ef1344e8ef9a3e6c3e7e7d5/?utm_source=chatgpt
[6] G. Moscardo, “Making Visitors Mindful: The Impact of Tour Guide Communication on Visitor Experiences,” J. Sustain. Tour., 1996, [Online]. Available: https://consensus.app/papers/making-visitors-minds-impact-tour-guide-communication/3f9e87a8fb2e569d238e2d1a0b0a7f3b/?utm_source=chatgpt
[7] R. Ballantyne and K. Hughes, “Storytelling Training for Empowerment of Tour Guides,” Tour. Recreat. Res., 2001, [Online]. Available: https://consensus.app/papers/storytelling-training-empowerment-tour-guides/9d9e4a3a7c3a6d3e5f5a4e5b3e9e6d3b/?utm_source=chatgpt
[8] M. Da Silva Soares Costa, C. A. A. Ferreira, and M. R. Gavinolla, “Accessible Tourism: A Review of Recent Research Trends and Future Agenda,” in Tourist Behaviour and the New Normal, Volume II, S. W. Maingi, V. G. Gowreesunkar, and M. E. Korstanje, Eds., Cham: Springer Nature Switzerland, 2024, pp. 37–55. doi: 10.1007/978-3-031-45866-8_4.
[9] M. L. Crow and L. P. Nelson, “The Effects of Using Academic Role-Playing in a Teacher Education Service-Learning Course,” Int. J. Role-Play., no. 5, pp. 26–34, Jan. 2015, doi: 10.33063/ijrp.vi5.234.
[10] S. Mabusela and J. Adams, “Employing Role play in teaching and learning: a case of Higher Education,” South Afr. J. High. Educ., vol. 27, no. 3, Jan. 2016, doi: 10.20853/27-3-263.
[11] D. Rao and I. Stupans, “Exploring the potential of role play in higher education: development of a typology and teacher guidelines,” Innov. Educ. Teach. Int., vol. 49, no. 4, pp. 427–436, Nov. 2012, doi: 10.1080/14703297.2012.728879
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tegar Satya Putra, Desideria Cempaka Wijaya Murti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.