Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan ActivePresenter Bagi Mahasiswa STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v4i6.9880Keywords:
Pelatihan, ActivePresenter, Video Pembelajaran, Pengabdian Masyarakat.Abstract
Salah satu tujuan STIPAS dalam bidang pendidikan dan pengajaran adalah menghasilkan guru agama Katolik dan katekis yang mengerti dan dapat menggunakan teknologi komunikasi dan informasi untuk kegiatan belajar dan pengembangan diri. Pelatihan video editing menggunakan ActivePresenter untuk mahasiswa STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangka Raya bertujuan untuk meningkatkan keahlian mahasiswa dalam pembuatan dan penyuntingan video pembelajaran dengan menggunakan ActivePresenter. Metode kegiatan ini melalui tahapan Persiapan, Penyusunan Materi, Pelaksanaan Pelatihan, Evaluasi, dan Pelaporan. Hasil evaluasi dengan menggunakan skala Likert menunjukkan bahwa 98,63% peserta puas dengan pelatihan yang telah dilaksanakan.
References
M. M. Moto, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan,” Indonesian Journal of Primary Education, vol. 3, no. 1, pp. 20–28, Jun. 2019, doi: 10.17509/IJPE.V3I1.16060.
[2] N. A. Mohd Salleh, S. R. Syed Aris, A. Ismail, M. I. S. Megat Shahrul Anuar, and A. N. A. Abdul Manan, “Gamification Approach for Interactive Learning of Lean Manufacturing Activities,” Jurnal Kejuruteraan, vol. 36, no. 3, pp. 1227–1237, May 2024, doi: 10.17576/JKUKM-2024-36(3)-32.
[3] E. M. Sartika et al., “Pemanfaatan Tools AI dalam Pembuatan Materi Pengajaran bagi Guru- Guru di BPPK Bandung,” Jurnal Atma Inovasia, vol. 4, no. 4, pp. 153–157, Jul. 2024, doi: 10.24002/JAI.V4I4.9399.
[4] K. Kis, C. Kirana, P. Romadiana, B. Wijaya, Supardi, and A. M. Raya, “Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 1–7, Apr. 2021, doi: 10.34306/ADIMAS.V1I2.423.
[5] S. Sunarti, B. Diklat, and K. Palembang, “Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Video Melalui Active Presenter,” Jurnal Perspektif , vol. 13, no. 1, pp. 16–23, Jun. 2020, doi: 10.53746/PERSPEKTIF.V13I1.5.
[6] N. Kristianti et al., “Pelatihan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Buah-Buahan bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pandehen,” Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol. 4, no. 4, pp. 166–170, Jul. 2024.
[7] M. D. Ariastuti and A. Y. Wahyudin, “Exploring Academic Performance and Learning Style of Undergraduate Students in English Education Program,” Journal of English Language Teaching and Learning, vol. 3, no. 1, pp. 67–73, Jul. 2022, doi: 10.33365/JELTL.V3I1.1817.
[8] C. Afrydayanti and D. F. Dwi, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Melalui Aplikasi Active Presenter Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 101771 Tembung,” Invention: Journal Research and Education Studies, vol. 2, no. 3, pp. 64–73, Nov. 2021, doi: 10.51178/INVENTION.V2I3.349.
[9] C. D. Nurwahidah, Z. Zaharah, and I. Sina, “Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Mahasiswa,” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, vol. 17, no. 1, pp. 118–136, Mar. 2021, doi: 10.31000/RF.V17I1.4168.
[10] Admin, “STIPAS Tahasak Danum Pambelum Gelar Wisuda – STIPAS Tahasak Danum Pambelum.” Accessed: Sep. 13, 2024. [Online]. Available: https://stipas.ac.id/stipas1/2021/10/18/stipas-tahasak-danum-pambelum-gelar-wisuda/
[11] S. M. Swanberg, “RESOURCE REVIEW,” Journal of the Medical Library Association, vol. 111, no. 4, pp. 854–857, Oct. 2023, doi: 10.5195/JMLA.2023.1731.
[12] A. Ikhwan, A. B. Nasution, and M. Badri, “Active Presenter: Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaran,” Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, vol. 1, no. 3, pp. 118–124, Apr. 2022, doi: 10.55537/JIBM.V1I3.152.
[13] S. Y. Sari, M. D. I. Purnama, and Indrawati, “Alternative Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Active Presenter untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Daring,” PROSIDING SEMINASTIKA, vol. 3, no. 1, pp. 177–181, Oct. 2021, doi: 10.47002/SEMINASTIKA.V3I1.299.
[14] S. Bonardy and Y. Suria, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas I. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021.
[15] A. Aditya Santika, T. Hamonangan Saragih, Muliadi, D. Kartini, and R. Ramadhani, “Penerapan Skala Likert pada Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Agen Brilink Menggunakan Random Forest,” JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 11, no. 3, pp. 405–411, Jul. 2023, doi: 10.26418/JUSTIN.V11I3.62086.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amaya Andri Damaini, Hotmian Sitohang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.