Penguatan Pariwisata Inklusif
Dampak Pelatihan Public Speaking untuk Tour Guiding bagi Komunitas Difabel di Difabike
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v4i6.9891Keywords:
difabel, industri pariwisata, public speaking, aksesibilitas, inklusiAbstract
Di tengah tren pertumbuhan industri pariwisata, inklusivitas bagi penyandang disabilitas masih menjadi tantangan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesenjangan aksesibilitas komunikasi dan pelatihan keterampilan public speaking bagi individu difabel dalam industri pariwisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survey dan observasi partisipatif. Data dikumpulkan dari komunitas usaha sosial Difabike, yang bertujuan untuk memberdayakan individu difabel melalui pelatihan keterampilan public speaking dan penyediaan peluang kerja sebagai pengemudi kendaraan khusus difabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya untuk meningkatkan aksesibilitas fisik, tantangan terbesar masih berada pada aksesibilitas komunikasi dan pelatihan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan difabel. Difabike terbukti efektif dalam mengidentifikasi hambatan-hambatan ini dan menawarkan solusi melalui program pelatihan yang terstruktur dan inklusif. Kesimpulannya, pelatihan public speaking bagi penyandang disabilitas mampu mendorong partisipasi aktif mereka. Program ini memiliki potensi untuk menciptakan industri pariwisata yang lebih inklusif dan berkelanjutan, di mana difabel dapat berperan aktif dalam berbagai aspek industri tersebut.
References
] D. Buhalis, dan S. Darcy, “Accessible Tourism: Concepts and Issues”, pp. 969, November 2011, doi:10.1080/21568316.2011.603886
[2] P. Daruwalla, dan S. Darcy, “Personal and societal attitudes to disability. Annals of Tourism Research”, vol. 32, pp. 549-570, Juli 2005, doi: https:10.1016/j.annals.2004.10.008
[3] S. C. Das, dan R. K. Rudra, “Tourism Accessibility for Disabled Travellers: An Optimistic Concept on Tourism Industry in Bangladesh. International Journal of Advancements in Research & Technology”, vol. 4, no.10, pp. 37-49, 2015
[4] N. Al-Okaily,”A Model for Tour Guide Performance,”Int. j. Hosp. Tour. Adm., vol. 23, no. 6, pp. 1077-1101, 2022, doi: 10.1080/15256480.2021.1905584
[5] Badan Pembinaan Hukum Nasional, “Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat”, [Online], Tersedia: http://jdihn.bphn.go.id/penelusuran/www/index.php/web/result /4634/detail [Diakses: 21 Mei 2019]
[6] M. Allan, “Disability Tourism: Why do Disabled People Engaging in Tourism Activities?,” Eur. J. Soc. Sci., vol. 39, no. 3, pp. 480–486, 2013
[7] C. Barnes, dan G. Mercer, “Disability, work, and welfare: challenging the social exclusion of disabled people. Work, Employment and Society”, vol. 19, no. 3, pp. 527–545, 2005, doi: https:10.1177/0950017005055669
[8] M. Bengisu, dan S. Balta, “Employment of the workforce with disabilities in the hospitality industry. Journal of Sustainable Tourism”, vol. 19, no. 1, pp. 35–57, 2011, doi: https:10.1080/09669582.2010.499172
[9] B. S. Blichfeldt, dan J. Nicolaisen, “Disabled travel: not easy, but doable. Current Issues in Tourism”, vol. 14, no. 1, pp. 79–102, 2011, doi: https10.1080/13683500903370159
[10] J. L. Cavinato, dan M. L. & Cuckovich, “Transportation and Tourism for the Disabled: An Assessment. Transportation Journal”, pp. 46-53, 1992, doi: https://trid.trb.org/view/366015
[11] K. Donnelly, dan J. Joseph, “Disability Employment in the Hospitality Industry: Human Resources Considerations. Cornell HR Review”, 2012 [Online]. Tersedia: https://digitalcommons.ilr.cornell.edu/chrr/27
[12] A. K. Edusei, et al, “Accessibility and Participation of Persons with Disabilities in Tourism: Perspective of Tourism Workers in the Ashanti region of Ghana. Disability, CBR & Inclusive Development”, vol. 26, no. 3. pp. 97–110, 2015, doi: 10.5463/dcid.v26i3.431
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Desideria Cempaka Wijaya Murti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.