Implementasi Algoritma Apriori sebagai Association Rule Learning untuk Mengidentifikasi Pola Item Dataset Penjualan
Keywords:
Apriori, association rule, data mining, frequent pattern growth, retail store, toko retailAbstract
Persaingan toko retail semakin ketat, pemasaran dan penataan produk penting untuk efisiensi belanja, menjaga kenyamanan, dan meningkatkan profit. Analisis kebiasaan berbelanja konsumen terhadap barang pada setiap transaksi dengan melakukan market basket analysis. Algoritma Apriori merupakan salah satu teknik untuk menemukan frequent item dalam membangun association rule yaitu hubungan antara kombinasi item dalam suatu dataset. Penelitian ini bertujuan untuk implementasi algoritma Apriori sebagai association rule learning untuk mengidentifikasi pola item dataset penjualan pada toko retail. Association rule itemset dengan algoritma Apriori akan dibandingkan dengan Frequent Pattern Growth (FP-Growth) yang merupakan algoritma untuk menemukan himpunan data yang paling sering muncul pada dataset. Berdasarkan pengujian yang dilakukan rerata nilai lift ratio algoritma Apriori sebesar 1,58 dan rerata nilai lift ratio algoritma FP-Growth sebesar 1,28. Hal ini menunjukkan bahwa algoritma Apriori memiliki kinerja lebih tinggi jika dibandingkan dengan algoritma FP-Growth.
References
P. M. S. Taringa, J. T. Hardinata, H. Qurniawan, M. Safii, and R. Winajaya, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori dalam Menentukan Persediaan Barang (Studi Kasus : Toko Sinar Harahap),” Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 12, no. 1, pp. 51-61, 2022, doi: 10.24853/justit.12.2.%25p.
R. Saputra, and A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 262-276, Aug 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.
Mukrodin, and A. Syauqi, “Pembentukan Association Rule Melalui Implementasi Algoritma A Priori Terhadap Pola Resep Obat Pada Penyakit Dalam,” Jurnal Bahari Teknik Informatika & Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 25-31, 2022.
A. H. Widyadhini, B. M. Wibawa, and D. S. Ardiantono. “Implementasi Market Basket Analysis terhadap Strategi Pemasaran Produk: Studi Kasus PT. Petrokimia Gresik”, Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 10, No. 1, 2021.
M. Fathurrahman, A. R. Pratama, and T. A. Mudzakir, "Buana Perjuangan, “Perbandingan Algoritma Apriori dan Fp Growth Terhadap Market Basket Analysis Pada Data Penjualan Bakery,” Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), vol. 4, no. 2, pp.266-274, Apr 2023, doi:10.30645/kesatria.v4i2.161.
D. Widiastuti and N. Sofi, “Analisis Perbandingan Algoritma Apriori dan FP-Growth Pada Transaksi Koperasi,” UG Jurnal, vol. 8, no. 1, pp. 21–24, 2014.
F. Panjaitan, A. Surahman, and T. D. Rosmalasari, “Analisis Market Basket Dengan Algoritma Hash-Based Pada Transaksi Penjualan (Studi Kasus: Tb. Menara),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 111–119, 2020
D. Rachmawati, Y. Cahyana, E. E. Awal, and S. Faisal, “Perbandingan Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth dalam Menentukan Pola Penjualan Pupuk,” Jurnal Resistor: Rekayasa Sistem Komputer, vol. 7, no. 1, pp. 21-31, 2024, doi: 10.31598/jurnalresistor.v7i1.1527.
P. Edastama, A. S. Bist, and A. Prambudi, “Implementation Of Data Mining On Glasses Sales Using The Apriori Algorithm,” International Journal of Cyber and IT Service Management (IJCITSM), vol. 1, no. 2, pp. 159–172, 2021, doi: 10.34306/ijcitsm.v1i1.46.
U. N. Kumalasari, I. K. G. D. Putra, and I. P. A. Dharmaadi, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Menemukan Pola Pembelian Konsumen pada Perusahaan Retail,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 1, no. 2, Des 2020, doi: 10.24843/jitter.v1i2.69743.
V. N. Latifah, M. T. Furqon, and N. Santoso, “Implementasi Algoritme Modified-Apriori Untuk Menentukan Pola Penjualan Sebagai Strategi Penempatan Barang dan Promo,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, pp. 3829-3834, 2018.
D. O. N. E. Saputri, and E. Lestariningsih, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Sepatu Menggunakan Algoritma Apriori (Kasus Toko Sepatu 3Stripesid),” Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), vol. 4, no. 3, pp. 666-677, Jul 2023, doi: 10.30645/kesatria.v4i3.214.
A. Anggrawan, M. Mayadi, and C. Satria, “Menentukan Akurasi Tata Letak Barang dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth,” Matrik : Jurnal Manajemen Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 21, no. 1, pp. 125–138, 2021.
A. R. Wibowo and A. Jananto, “Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma FP-Growth Pada Perusahaan Ritel,” Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 2, p. 200, 2020, doi: 10.35585/inspir.v10i2.2585.
A. Wadanur, and A. A. Sari, “Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth pada Penjualan Spareparts,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 107–115, 2022, doi: 10.29408/edumatic.v6i1.5470.
A. Ardianti, N. Novriyenni, and L. A. N. Kadim, “Penerapan Algoritma Apriori Menentukan Korelasi Data Penjualan Pupuk (Studi Kasus : PT. Karunia Rotorindo Tani),” Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, vol. 3, no. 3, pp. 292–301, Jul 2023, doi:10.52362/jmijayakarta.v3i3.1195.
H. F. Dewi, H. H. Handayani, and J. Indra, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Market Basket Analysis Pada Data Penjualan Retail,” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), vol. 4, no. 4, pp. 432–436, Nov 2022.
F. Prasetyo and H. Hasugian, “Analisis Pola Pembelian Produk Makanan Menggunakan Algoritma FP-Growth untuk Strategi Penjualan,” Idealis: Indonesia Journal Information System, vol. 7, no.1, pp.11-20, Jan 2024, doi:10.36080/idealis.v7i1.3085.
T. Evendi, and R. F. A. Aziza, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menemukan Hubungan Antara Jenis Komoditas Import Dengan Jumlah Permintaan Bulanan,” Jurnal Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, pp. 18-23, 2022. doi: 10.33365/jtk.v13i1.228.
E. Alma, E. Utami, and F. Wahyu Wibowo, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk pada Toko Online,” Creative Information Technology Journal (CITEC Journal), vol. 7, no. 1, pp. 63-74, 2020, doi: 10.24076/citec.2020v7i1.241.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of this journal is assigned to Jurnal Buana Informatika as the journal publisher by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to author. Every printed and electronic publications are open access for educational purposes, research, and library. The editorial board is not responsible for copyright violation to the other than them aims mentioned before. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with a written permission from Jurnal Buana Informatika.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






