Game Edukasi Sejarah Gerakan Kemuhammadiyahan dengan Metode Picture and Picture Berbasis Android

Authors

  • Indra Griha Tofik Isa
  • Asriyanik Asriyanik

DOI:

https://doi.org/10.24002/jbi.v8i3.1319

Abstract

Abstract.

Android based Muhammadiyah Movement History education game is one of learning media purposed to learn Muhammadiyah history in Muhammadiyah-Based elementary schools much easier and more interesting. This research is carried out since we know that, in reality, learning process about Muhammadiyah history subject usually uses a conventional methodthat is very monotonous. To upgrade students’ interest in learning the history of Muhammadiyah, education game is created to solve the problem. Because of its interface and interactive characteristics, students would be more motivated to learn the history of Muhammadiyah. The steps of this research started by collecting the data, analyzing system, designing system, implementing system, and testing and finalizing the system. System design makes use of UML model and animation design uses Adobe Flash software, while Testing uses blackbox testing and user questionnaire. The final result of this research is in the form of a tool for learning proces about history of Muhammadiyah. It can also be a good method for young people to learn more about Muhammadiyah.

Keywords: Education Game, Puzzle, Mobile Application, Android

 

Abstrak.

Game Edukasi Sejarah Gerakan Kemuhammadiyahan dengan Metode Picture and Picture Berbasis Android. Game Edukasi Sejarah Gerakan Muhammadiyah Berbasis Android merupakan salah satu media pembelajaran yang ditujukan untuk mempermudah memahami tentang sejarah Muhammadiyah pada Sekolah Dasar berbasis Muhammadiyah. Penelitian ini dibuat karena melihat kondisi yang terjadi di lapangan bahwa proses pembelajaran sejarah gerakan Muhammadiyah sebagian besar dilakukan dengan cara konvensional, sehingga terkesan monoton. Untuk meningkatkan minat pembelajaran sejarah Muhammadiyah, maka dari itu dibuat sebuah game edukasi, karena model tampilan dari game yang interaktif dan menarik diharapakan akan lebih meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan memahami tentang sejarah Muhammadiyah. Tahapan penelitian ini, yaitu dimulai dari pengumpulan data, analisis, perancangan, implementasi, pengujian dan finalisasi sistem. Perancangan sistem dengan pemodelan UML dan perancangan animasi menggunakan Adobe Flash, serta pengujian menggunakan metode blackbox testing dan umpan balik pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini secara khusus sebagai alat untuk proses pembelajaran sejarah Muhammadiyah, juga diharapkan dapat menjadi cara kaderisasi yang menarik bagi warga Muhammadiyah sejak dini.

Kata kunci: Game Edukasi, Puzzle, Aplikasi Mobile, Android

References

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1): 116-121.

Bakri, H. (2011). Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Jurnal Medtek, 3(2).

Firdaus, S., Damiri, D. J., & Tresnawati, D. (2012). Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Company Profile Generic (Studi Kasus CV. Ganetic). Jurnal Algoritma, 9(01).

Indrawaty, Y., Rosmala, D., & Ramdhanial, A. M. (2013). Aplikasi Pembelajaran Alat Musik Gitar menggunakan Model Skenario Multimedia Interaktif Timeline Tree. Jurnal Informatika, 4(1), 2.

Irsa, D., Saputra, R. W., & Primaini, S. (2016). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(1): 7-14.

Jasmadi. (2010). Menyusun Presentasi Pembelajaran Berbasis TIK dengan MS Office 2010. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Kusumawati, K. D., Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2014). Penerapan Picture and Picture dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1): 101-111.

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan E-ISSN 2503-1945, 1(1): 46-58.

Rahmawati, N. F., Julia, J., & Iswara, P. D. (2016). Penerapan metode Picture and Picture dan Permainan Jelajah EYD untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan. Pena Ilmiah, 1(1): 891-900.

Safrudin, W.E. (2016). Game Edukasi Sejarah Peradaban Islam di Spanyol Berbasis Multiflatform. Surakarta: UMS.

Sulistyorini, P. (2009). Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 14(1): 23-29.

Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping dalam Pengembangan Sistem Informasi. Majalah Ilmiah UNIKOM, 14(1): 41-46.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group

Umbaran, D.J. & Hermawan, G. (2013). Game Edukasi Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia. Prosiding The 14th Seminar on Inteligent and Its Applications.

Widiastuti, N. I. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 1(2).

Downloads

Published

2017-10-16