Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru

Authors

  • Sukri Sukri
  • Diki Arisandi

DOI:

https://doi.org/10.24002/jbi.v8i4.1447

Abstract

Abstract.

Pekanbaru is a big city with many culinary businesses. To increase the sales income, enterprises utilize social media as their marketing strategy. This research was about a social media analysis for marketing culinary products in small and medium enterprises by using Structural Equation Modelling. Variables in this research are social media selection, information update, response to buyer, quality and price as variable x to culinary business marketing as variable y. The primary data were collected  from questionnaires filled by culinary entrepreneurs in Pekanbaru. The results show that the RMSEA = 0.08, AGFI = 0.705, CMIN / DF = 1.834, TLI = 0.813 and CFI = 0.843. From the results of these measurements, it can be concluded that there are six components of measurement values that are acceptable, so the final result in this study is all the variables X has a positive influence on the variable Y.

Keywords: Social Media, Culinary Product, Small and Medium Businesses, Structural Equation Modelling

 

Abstrak.

Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru. Pekanbaru merupakan kota besar yang banyak bisnis kulinernya. Untuk meningkatkan penjualan, pengusaha kuliner memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasarannya. Penelitian ini tentang analisis media sosial untuk pemasaran produk kuliner pada usaha kecil dan menengah dengan menggunakan metode pemodelan persamaan struktural. Variabel yang digunakan adalah pemilihan media sosial, update informasi, respon terhadap pembeli, kualitas dan harga sebagai variabel x terhadap pemasaran bisnis kuliner sebagai variabel y. Pengambilan data dari kuesioner yang diisi oleh pengusaha kuliner di Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai RMSEA=0,08, AGFI=0,705, CMIN / DF=1,834, TLI=0,813 dan CFI=0,843. Dari hasil pengukuran tersebut dapat disimpulkan bahwa ada enam komponen nilai pengukuran dapat dinyatakan dapat diterima, sehingga hasil akhir dalam penelitian ini adalah semua variabel X memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y.

Kata kunci: Media Sosial, Produk Kuliner, Usaha Kecil dan Menengah, Structural Equation Modelling

References

Ghozali, I. (2011). Moderated Structural Equation Modeling. In Model persamaan struktural. Konsep dan aplikasi dengan program AMOS 19.0 (2nd ed., pp. 180–183). Semarang: Universitas Diponegoro.

Irianto, A. B. P. (2015). Pemanfaatan Social Media Untuk Meningkatkan Market Share Ukm. Teknomatika, Vol. 8, No(1), 1–12.

Iskandar, W., & Saleh, A. (2015). Analisis Kelayakan Usaha Steak Cafe di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 03(1), 353–364.

Munizu, M. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), 33–41.

Nuryskha, A., H., & Wulandari, S. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Komunikasi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Rizqia Keripik Sambal Strawberry Dengan Metode Benchmarking. In e-Proceeding of Engineering, 2, 7592–7599.

Purwidiantoro, M.H., Kristanto, F.D., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA, 1(1), 30–39.

Sahli, Y.P., Maulida, Y., & Harahap, A. (2017). Prospek pengembangan industri makanan olahan pempek palembang di kota pekanbaru. JOM Fekon, 4(1), 505–517.

Septian, D., & Rumyeni. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Cafe Tong Susu Pekanbaru Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jom FISIP Volume, 3(1), 1–15.

Setyanto, A.R., Samodra, B.R., & Pratama, Y.P. (2015). Kajian Strategi Pemberdayaan UMKM Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Kawasan Asean (Studi Kasus Kampung Batik Laweyan). Etikonomi, 14(April), 205–220.

Suki, N.M., & Ramayah, T. (2010). User acceptance of the e-Government services in Malaysia: Structural Equation Modelling approach. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 5, 395–413.

Downloads

Published

2017-10-31