Penerapan Kombinasi Sistem Aljabar Gondran dalam Algoritma Prim pada Problem Minimum Spanning Tree untuk Solusi Alternatif yang Tidak Tunggal

Authors

  • Patricia Ardanari

DOI:

https://doi.org/10.24002/jbi.v2i1.307

Abstract

Abstract. Combined Application of Gondran Algebra System In Prim's Algorithm on Minimum Spanning Tree Problem for Non Single Alternative Solution. Nowadays technology  on industrial was many that connected to the other technology. Support from technology can be seen within the method and make the procces more simple and optimal from the production section until the delivery. One example of the method are Minimum Spanning Tree (MST). This method make a better and shorter connection in all route that can make efficient for connection. In this paper, will be developed an algorithm than can give us information about problem that we face for a non single solution but also for making every MST can get their own solution. Algorithym that being used are godran aljabar and prim algorithym. To get alternative solution for each solution that came from MST problem that not singular, we combine and developed the algorithym for meet the condition to get each solution.

 

Keywords: Minimum Spanning Tree, Algoritma Prim, Aljabar Gondran, non single solution.

 

Abstrak. Dewasa ini perkembangan teknologi bidang perindustrian banyak sekali yang sangat berkaitan ataupun memerlukan pendukung dari teknologi bidang lain. Pendukung teknologi dari bidang teknologi lain tersebut di antaranya adalah cara atau  metode yang dapat memperlancar ataupun mengoptimalkan suatu proses produksi dari awal mendapatkan bahan baku sampai pada pengangkutan (deliveri) produk jadi (akhir)nya. Salah satu cara atau metode ataupun Algoritma yang dapat mendukung proses tersebut adalah Minimum Spanning Tree (MST) yaitu jaringan yang menghubungkan sejumlah titik sehingga semuanya terkoneksi baik langsung ataupum tidak langsung dengan total lintasan minimum. Dalam penelitian ini, akan dikembangkan suatu Algoritma yang dapat memberikan informasi bahwa problem atau persoalan (MST) yang dihadapi mempunyai solusi tidak tunggal tetapi tidak langsung memberikan solusi MSTnya untuk masing-masing alternative solusi. Algoritma tersebut adalah suatu kombinasi antara Algoritma yang didasari dari Sistem Aljabar Gondran dan Algoritma Prim.  Untuk mendapatkan solusi alternative masing-masing solusi dari persoalan MST yang tidak tunggal maka Algoritma yang dikembangkan dengan pengkombinasian tersebut akan diperoleh seluruh solusi yang mungkin dari problem MST tersebut.

 

Kata Kunci: Minimum Spanning Tree, Algoritma Prim, Aljabar Gondran, Solusi tidak tunggal.

Downloads

Published

2011-01-31