Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Aplikasi TOEFL Preparation Berbasis Web

Authors

  • Yanuar Arviansyah
  • Nurfaizah Nurfaizah
  • Retno Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.24002/jbi.v11i2.3622

Abstract

Abstract. Applying Fisher Yates Shuffle Algorithm on The Web-Based TOEFL Preparation Application. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) in Indonesia has been using paper all this time so the questions given to participants are still the same. Therefore, an application for randomizing the TOEFL questions is needed. The algorithm for randomizing the questions used is the Fisher Yates Shuffle algorithm, which is an algorithm to generate random permutations from a finite set. The purpose of this research is to make an application of the Fisher Yates Shuffle algorithm in the web based TOEFL Preparation application in Britania Purwokerto. Britania Purwokerto is an English language course in Banyumas. The method used to develop the application is the Extreme Programming (XP) method. After testing using the black box testing method, it is concluded that the fisher yates shuffle algorithm can be applied in the web based TOEFL Preparation application for the online TOEFL test in Britania Purwokerto.

Keywords: Course Institution, TOEFL, Fisher Yates Shuffle, Extreme Programming.

Abstrak. Ujian TOEFL (Test of English as a Foreign Language) di Indonesia selama ini masih menggunakan paper sehingga soal yang diberikan kepada peserta tetap sama. Oleh karena itu diperlukan aplikasi untuk mengacak soal ujian TOEFL. Algoritma pengacakan soal pada aplikasi yang digunakan yaitu algoritma Fisher Yates Shuffle, yang merupakan sebuah algoritma untuk menghasilkan permutasi acak dari suatu himpunan terhingga. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi penerapan algoritma Fisher Yates Shuffle pada aplikasi TOEFL berbasis web untuk Britania Purwokerto. Britania Purwokerto merupakan lembaga kursus bahasa Inggris yang berada di Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi adalah metode Extreme Programming (XP). Setelah dilakukan pengujian mengunakan metode black box testing disimpulkan bahwa algoritma Fisher Yates Shuffle dapat diterapkan pada aplikasi TOEFL Preparation berbasis web untuk ujian online di Britania Purwokerto.

Kata Kunci: Lembaga Kursus, TOEFL, Fisher Yates Shuffle, Extreme Programming (XP).

References

B. Hindrajid, A. A. Widodo, and A. P. Nugroho, “Enterprise sistem administrasi untuk lembaga kursus dan pelatihan studi kasus di LKP INKA Group Pasuruan,” JIMP, vol. 2, no. 1, pp. 81–110, Aug. 2016.

PP RI No.17 Tahun 2010, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan,” 2010.

R. L. S. Putra, M. H. Wathan, and M. M. Efendi, “Perencanaan strategis sistem informasi untuk meningkatkan keunggulan kompetifif pada lembaga kursus Bahasa Inggris Pare,” Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 3, no. 2, pp. 111-116, Jul. 2018, doi: 10.24114/cess.v3i2.9847.

B. P. Rizky, A. N. Asri, D. Kusbianto, P. Aji, and P. Internasional, “Aplikasi TOEFL preparation berbasis IBT (internet based test),” J. Inform. Polinema, vol. 1, no. 3, pp. 13–17, Mar. 2015.

R. F. Kemala, I. F. Astuti, and S. Maharani, “Penerapan metode Fuzzy C-Means pada aplikasi simulasi TOEFL (test of English as a foreign language) berbasis web (studi kasus: fakultas MIPA Universitas Mulawarman),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 14, no. 1, pp. 17-20, Feb. 2019, doi: 10.30872/jim.v14i1.1954.

A. D. Putra and R. R. Suryono, “Rancang bangun media pembelajaran TOEFL berbasis web,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta, Indonesia, pp. 73-78, Jun. 2009.

E. Ekojono, R. Cahyaningrum, and K. S. Batubulan, “Implementasi metode Fisher-Yates Shuffle dan Fuzzy Tsukamoto pada game 2D gopoh berbasis android,” J. Inform. Polinema, vol. 4, no. 3, pp. 174-180, May 2018, doi: 10.33795/jip.v4i3.203.

J. H.F and A. Juwita, Smart Way to TOEFL. Jakarta, Indonesia: Generasi Cerdas, 2009.

Ekojono, D. A. Irawati, L. Affandi, and A. N. Rahmanto, “Penerapan algoritma FisherYates pada pengacakan soal game aritmatika,” in Prosiding SENTIA, Malang, Indonesia, vol. 9, 2017, pp. 101–106.

R. Andarsyah and A. P. Sari, “Implementasi metode Extreme Programing pada aplikasi layanan pengaduan PT. Pos Indonesia,” J. Teknik Inform., vol. 11, no. 2, pp. 14-21, Apr. 2019.

A. Fatoni and D. Dwi, “Rancang bangun sistem Extreme Programming sebagai metodologi pengembangan sistem,” J. PROSISKO, vol. 3, no. 1, pp. 1–4, Mar. 2016.

F. P. Juniawan, H. A. Pradana, and D. Yuny, “Performance comparison of Linear Congruent method and Fisher-Yates Shuffle for data randomization,” J. of Physics: Conf. Ser., vol. 1196, pp. 1-8, Mar. 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1196/1/012035.

M. A. Hasan, S. Supriadi, and Z. Zamzami, “Implementasi algoritma Fisher-Yates untuk mengacak soal ujian online penerimaan mahasiswa baru (studi kasus: Universitas Lancang Kuning Riau),” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 291– 298, Aug. 2017, doi: 10.25077/teknosi.v3i2.2017.291-298.

Downloads

Published

2020-10-31