Implementasi Teknologi Visual 3D Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace

Authors

  • Ade Surahman Universitas Teknokrat Indonesia
  • Agung Deni Wahyudi
  • Sanriomi Sintaro

DOI:

https://doi.org/10.24002/jbi.v11i2.3701

Abstract

Abstract. This research is based on study of purchasing premium products at NIELSEN Changing Consumer Prosperity. Nielsen found that 58% premium products are bought by Indonesian local e-commerce. There are some influential factorsin buying premium products such as Superior Quality 56%, Performance 51%, Design 43%, Experience 42% and Brand 42%. There are 46% customers’ friend recommendation on feedback as the most influential factor. However, each customer’s point of view is different that causes a new problem to solve. Therefore, there must be a technology that provides better product visualization for the customer experience and this visualization can be done by Visual 3D Object technology with 3D warehouse library. The implementation result showed 88.9% which was categorized as very good. This means 3D visual objects for e-marketplace products could improve customer experience and this will become a good solution for product promotion and competitive advantage.

Keywords: Visual 3D Objects, E-Marketplace, Promotion, Recommendations, 3D Warehouse

Abstrak. Penelitian berdasarkan studi Changing Consumer Prosperity NIELSEN tentang pembelian produk premium. Nielsen menemukan pelanggan berbelanja online ke ecommerce local Indonesia untuk produk premium sebesar 58%. Faktor yang mempengaruhi pembelian produk premium seperti Kualitas Unggul 56%, Kinerja 51%, Desain 43%, Pengalaman 42% dan Merek 42%. Pelanggan memberikan penilaian rekomendasi feedback teman sebagai faktor yang paling berpengaruh terhadap produk baru yaitu 46%. Permasalahannya adalah rekomendasi yang diberikan oleh teman tidak selalu sama dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan karena sudut pandang setiap pelanggan akan berbeda, maka harus ada teknologi yang memberikan visualisasi produk yang lebih baik sebagai pengalaman pelanggan dan visualisasi tersebut dapat dilakukan dengan teknologi Visual 3D Objek dengan library 3D Werehouse, Hasil implementasi adalah 88,9 % dengan kategori Sangat Baik yang berarti bahwa visual 3D objek untuk produk e-marketplace dapat meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga menjadi solusi yang baik untuk melakukan promosi produk dan menjadi keunggulan bersaing.

Kata Kunci: Visual 3D Objek, E-Marketplace, Promosi, Rekomendasi, 3D Warehouse

Author Biography

Ade Surahman, Universitas Teknokrat Indonesia

Implementasi Teknologi Visual 3D Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace

References

M. E. Porter, Competitive Advantage_ Creating and Sustaining Superior Performance. New York, USA: Simon & Schuster Inc, 1998.

M. Lubis, “Penjualan Online Produk Premium di Seluruh Dunia Melonjak – Nielsen,” 2019. https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2019/penjualan-online-produkpremium-di-seluruh- dunia-melonjak/.

R. B. Setyowati, “Pengaruh sikap belanja online terhadap trust melalui mediator kepuasan pelanggan,” IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial dan Humaniora, vol. 3, no. 74, pp. 58–64, Jul. 2019, doi: 10.31219/osf.io/fjae2.

N. H. Meiners, U. Schwarting, and B. Seeberger, “The renaissance of word-of-mouth marketing: a ‘new’ standard in twenty-first century marketing management?!,” Int. J. Econ. Sci. Appl. Res., vol. III, no. 2, pp. 79–97, Sept. 2010.

I. A. C. Saisaria, P. Ari, and K. Wardana, “Pengaruh biaya promosi penjualan dan biaya periklanan terhadap nilai penjualan produk pada optik kalista di tabanan,” Warmadewa Management and Business Jour., vol. 1, pp. 27–32, Mar. 2019.

M. Rifqi and A. Hazmi, “Rancang bangun website mencari tukang menggunakan framework Laravel,” J. Buana Inform. UAJY, vol. 9, no. 2, pp. 71–80, Oct. 2018.

Y. D. Handarkho, T. R. Suryanto, F. K. S. Dewi, and E. Julianto, “Penerapan strategi ebusiness untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dari usaha mikro kecil menengah di

Indonesia (Studi kasus trooper electronic Yogyakarta),” J. Buana Inform., vol. 8, no. 4, pp. 201–212, Oct. 2017, doi: 10.24002/jbi.v8i4.1444.

S. Sukri and D. Arisandi, “Analisis strategi pemasaran dengan media sosial produk kuliner usaha kecil dan menengah di Pekanbaru,” J. Buana Inform., vol. 8, no. 4, pp. 235–242, Oct. 2017, doi: 10.24002/jbi.v8i4.1447.

A. Maulana, V. Rosalina, and E. Safaah, “Implementasi teknologi virtual tour perpustakaan menggunakan metode pengembangan multimedia development life cycle (Mdlc),” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, pp. 1-6, Mar. 2020, doi: 10.30656/jsii.v7i1.1875.

R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi). Yogyakarta, Indonesia: Andi, 2012.

“CAFE CORNER | 3D Warehouse,” 2020. https://3dwarehouse.sketchup.com/model/bc2a30de1e44a1a256c577691c15fa87/CAFE-CORNER.

“Cadeira ajustavel (dinâmica) | 3D Warehouse,” 2020. https://3dwarehouse.sketchup.com/model/b88297c52df58bb48cb3a06649ecc4fa/Cadeira-ajustavel-dinâmica.

“No TitleMesa Araçá - Rivatti | 3D Warehouse,” 2020. https://3dwarehouse.sketchup.com/model/a7ea752d-8448-4c4b-9ba3-d2f7c8f2ce13/Mesa-Araçá-Rivatti.

“Dining Restaurant Bar Seating Booth and Table 05 | 3D Warehouse,” 2020. https://3dwarehouse.sketchup.com/model/44f7260e-7e3f-4735-93c3-73e158c3d5f5/Dining-Restaurant-Bar-Seating-Booth-and-Table-05.

J. Iivari, “An Empirical Test of the DeLone-McLean Model of Information System Success,” Data Base Adv. Inf. Syst., vol. 36, no. 2, pp. 8–27, Jun. 2005, doi: 10.1145/1066149.1066152.

U. Narimawati, Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Indonesia: Ahung Media, 2007.

Downloads

Published

2020-10-31