Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.24002/jbi.v6i2.404Abstract
Media pembelajaran ternyata selalu mengikuti perkembangan teknologi yang
ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, komputer sampai teknologi gabungan
antara teknologi cetak dengan komputer. Saat ini media pembelajaran hasil gabungan
teknologi cetak dan komputer dapat diwujudkan dengan media teknologi Augmented
Reality (AR). Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang digunakan untuk
merealisasikan dunia virtual ke dalam dunia nyata secara real-time. Organ pencernaan
manusia terdiri atas Mulut, Kerongkongan atau esofagus, Lambung, Usus halus, dan
Usus besar. Media pembelajaran mengenal organ pencernaan manusia pada saat ini
sangat monoton, yaitu melalui gambar, buku atau bahkan alat proyeksi lainnya.
Menggunakan Augmented Reality yang mampu merealisasikan dunia virtual ke dunia
nyata, dapat mengubah objek-objek tersebut menjadi objek 3D, sehingga metode
pembelajaran tidaklah monoton dan anak-anak jadi terpacu untuk mengetahuinya lebih
lanjut, seperti mengetahui nama organ dan keterangan dari masing-masing organ
tersebut.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright of this journal is assigned to Jurnal Buana Informatika as the journal publisher by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to author. Every printed and electronic publications are open access for educational purposes, research, and library. The editorial board is not responsible for copyright violation to the other than them aims mentioned before. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with a written permission from Jurnal Buana Informatika.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.