Identifikasi Ketunaan Anak Berkebutuhan Khusus dengan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3)

Authors

  • Fathul Hafidh Univeristas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin http://orcid.org/0000-0002-9865-1711
  • Mirza Yogy Kurniawan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Rezky Izzatul Yazidah Anwar Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.24002/jbi.v12i2.4488

Abstract

Abstract. Disability Identification of Children with Special Needs Using An Iterative Dichotomiser 3 Algorithm (ID3). By using the identification of children with special needs, information about children having abnormalities will be collected, and the results are used as the basis for preparing the child's learning program. Identifying disabilities process requires instruments classifying the issues and the disorders. The current disability identification process is extremely complicated, where the average number of instruments made by schools/institutions is 100 pieces. The complexity can also be observed in the presence of similar items as well as some of the same items on different disabilities. The process can be accelerated by doing data mining. One of its models is Iterative Dichotomiser (ID3) that can solve problems by generating a decision tree. This research implemented ID3 model to 152 symptoms as attribute, 11 labels, and 84 data. This model had 91.81% accuracy with cross-validation test. Decision tree generated by this model can make disabilities identification easier. Keywords: Children with Special Needs, Identification, Iterative Dichotomiser (ID3)

Abstrak. Dengan adanya Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus akan terhimpun informasi apakah seorang anak mempunyai kelainan kemudian hasilnya dijadikan dasar penyusunan program pembelajaran anak tersebut. Proses identifikasi ketunaan memerlukan instrumen-instrumen dimana dari instrumen tersebut dapat diklasifikasikan sehingga dapat diketahui kecenderungan dari penyimpangan atau kelainan yang dimiliki. Proses identifikasi ketunaan saat ini sangat rumit dimana ratarata jumlah butir instrumen yang dibuat sekolah/lembaga sebanyak 100 buah. Kerumitan juga dapat dilihat dengan adanya butir yang mirip pada ketunaan yang berbeda. Proses ini dapat dipermudah dengan melakukan data mining. Salah satu modelnya adalah Iterative Dichotomiser 3(ID3) yang dapat menyelesaikan masalah dengan menghasilkan pohon keputusan. Dari total instrumen sebanyak 152 Gejala dan data set identifikasi sebanyak 84 ABK, dihasilkan node dari pohon keputusan sebanyak 11 rule. Klasifikasi metode ID3 telah diuji dengan cross-validation dan mendapatkan akurasi sebesar 91.81%. Hasil Pohon keputusan dari metode ID3 memudahkan dalam memprediksi identifikasi ketunaan pada ABK.

Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Identifikasi, Iterative Dichotomiser (ID3)

Author Biography

Fathul Hafidh, Univeristas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Fakultas Teknologi Informasi

References

C. Suryaningrum, T. M. Ingarianti and Z. Anwar, "Pengembangan model deteksi dini anak berkebutuhan khusus (ABK) pada tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) di kota Malang.," Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 4.1, pp. 62-74, 2016.

Mirnawati, Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi, Yogyakarta: Deepublish , 2020.

M. Y. Kurniawan, Wagino and M. D. Rosyadi, "Rancangan Bangun Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusif," Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat, p. 2, 2018.

U. Fadlillah, J. W. Agustina and E. Sudarmilah, "Pembuatan Web Sistem Pakar Untuk Identifikasi dan Penanganan Anak Autis," Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta, p. 55, 2011.

R. E. I. Grand, "Aplikasi Deteksi Dini Untuk Mengenali Anak Berkebutuhan Khusus Menggunakan Metode Business Intelligence," Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK), 2017.

D. R. Desiningrum, Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Psikosain, 2016.

R. Lisinus and P. Sembiring, Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan Dan Konseling), Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

D. R. Rapisa, "Kemampuan Guru dalam Melakukan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus," PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2020.

D. Ispriyanti and A. Hoyyi, "Analisis Klasifikasi Masa Studi Mahasiswa Prodi Statistika Undip dengan Metode Support Vector Machine (SVM) dan ID3 (Iterative Dichotomiser 3)," Media Statistika, pp. 15-29, 2016.

Han, Jiawei, M. Kamber and J. Pei, "Data mining concepts and techniques third edition," he Morgan Kaufmann Series in Data Management Systems, vol. 5, no. 4, pp. 83-124, 2011.

F. Wahid, "metodologi Penelitian Sistem Informasi: Sebuah Gambaran Umum," Media Informatika, pp. 69 - 81, 2004.

Moreno-Torres, J. García, J. A. Sáez and F. Herrera, "Study on the impact of partition-induced dataset shift on $ k $-fold cross-validation," IEEE Transactions on Neural Networks and Learning Systems, pp. 1304-1312, 2012.

Downloads

Published

2021-11-02