Pembuatan Media Pembelajaran Dasar Bahasa Korea Menggunakan AndEngine Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.24002/jbi.v7i2.489Abstract
Abstract. Korean has now become one foreign language preferred by the Indonesians to learn. This is the impact of the entry of Hallyu (Korean Wave) in Indonesia. However, existing Korean language learning media are less not interactive because there are limited facilities such as books when compared with mobile application that has attractive design and audio facility. Based on the problem, a basic Korean language learning applications using AndEngine on Android platform is developed. This application uses AndEngine library and uses an accelerometer extension that belongs to AndEngine. With this application, users can learn Korean letters and how to read it in a more interesting method because there is a mini game in this application.
Keywords: Korean language, AndEngine, Android.
Abstrak. Bahasa Korea saat ini menjadi salah satu bahasa asing yang diminati untuk dipelajari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini merupakan dampak dari masuknya Hallyu (Korean Wave) di Indonesia. Namun saat ini media pembelajaran bahasa Korea masih kurang interaktif karena keterbatasan sarana misalnya buku, dibandingkan dengan aplikasi mobile yang memiliki desain yang menarik dan fasilitas audio. Berdasarkan masalah tersebut dibuat aplikasi pembelajaran dasar bahasa Korea menggunakan AndEngine berbasis Android. Dalam pengembangan aplikasi ini digunakan library AndEngine dan memanfaatkan ekstensi accelerometer yang dimiliki oleh AndEngine. Dengan adanya aplikasi ini, para pengguna bisa belajar berbagai macam huruf bahasa Korea dan cara membacanya dengan lebih menyenangkan, karena aplikasi juga dilengkapi dengan mini game.
Kata Kunci: Bahasa Korea, AndEngine, Android.
References
. Anam, M. A. K., Winarti, T., & Vydia, V. 2013. Aplikasi Kamus Indonesia-Korea Untuk Percakapan Sehari-Hari Berbasis Android. Jurnal Trans IT, I (1): pp.1-14.
. Ardiansyah, & Na’im, R. D. 2012. Pengembangan Aplikasi Mobile Web Percakapan Bahasa Korea Berbasis Lokasi Menggunakan Foursquare API . Kaunia, VIII ( 2): pp. 61-77.
. Arifina, Bulkis Fadilah. 2011. Pembuatan Aplikasi Pengenalan Bahasa Korea untuk Pemula dengan Menggunakan Android Versi 2.2 (Froyo). Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, (Online), (http://library.gunadarma.ac.id/, diakses tanggal 12 Desember 2012).
. Damarullah, W., Hamzah, A., & Lestari, U. 2013. Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran Bahasa Korea (Hangeul) Berbasis Android. Jurnal Script, I (1): pp.78-88.
. Dewi & Sani. 2010. 1 Jam Lancar Membaca, Menulis, & Berbicara Bahasa Korea. Bandung: Penerbit Ruang Kata.
. Gramlich, Nicolas. 2010. AndEngine Summary, (Online), (https://github.com/nicolasgramlich/AndEngine/, diakses 17 September 2012).
. Maghfiroh, Ana. 2013. Model Pembelajaran Bahasa Asing Oleh Eks-Tenaga Kerja Indonesia Korea di Lembaga Pendidikan Bahasa Korea Sarangheo. Jurnal Universitas Muhammadiah, I (1): pp.1-9.
. Septiawan, A.N., & Setiadi, T. 2013. Aplikasi Pengenalan Huruf Hangeul Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, I(1): 347-357.
. Sutrisno, A., & Istiyanto, J.E. 2009. Perpektif & Tangangan Pengembangan M-Learning. Jurnal Informatika, V(1): pp.87-96.
. Triyanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. 2013. Peran Kepimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, I (2): pp.226-238.
. Zamroni, M.S., Suryaman, N., & Jalaluddin, A. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML5. Jurnal Teknika, V (2): pp. 489-493.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright of this journal is assigned to Jurnal Buana Informatika as the journal publisher by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to author. Every printed and electronic publications are open access for educational purposes, research, and library. The editorial board is not responsible for copyright violation to the other than them aims mentioned before. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with a written permission from Jurnal Buana Informatika.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.