STUDI STABILITAS TURAP BETON PADA TEPI SUNGAI ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Rina Yuliet

DOI:

https://doi.org/10.24002/jts.v13i1.594

Abstract

Abstrak: Pekerjaan pembangunan turap (sheet pile) di tepi sungai Batang Anai Kabupaten Padang
Pariaman merupakan salah satu rangkaian pekerjaan untuk menormalisasi aliran sungai Batang
Anai, karena Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dibangun pada kawasan pesisir pantai
yang ketinggiannya sangat rendah dari permukaan laut. Untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan
struktur turap maka harus dipastikan kestabilan turap tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji kembali stabilitas turap beton pada proyek pengendalian banjir sungai Batang Anai
Padang berdasarkan data hasil uji sondir dan uji laboratorium. Metode yang digunakan untuk
perencanaan struktur turap adalah dengan menggunakan metode coba-coba, dimana kondisi
tekanan tanah yang bekerja menggunakan teori Rankine. Hasil penyelidikan tanah berupa 4 titik
sondir diketahui kedalaman tanah keras rata-rata adalah 5 m dan lapisan tanah di lokasi proyek
sungai Batang Anai terdiri dari tanah pasir berlanau dan tanah pasir halus berlanau. Stabilitas turap
dapat dicapai jika kedalaman pemancangan aktual 1,3 kali kedalaman teoritis dimana pada proyek
ini untuk turap kantilever nilai kedalaman pemancangan turap aktual didapatkan sebesar 6,4 m
dan panjang turap total 12 m. Panjang turap total yang didapatkan sama dengan panjang turap total
yang digunakan di lokasi proyek. Untuk turap diangkur metode ujung bebas stabilitas turap dicapai
jika kedalaman pemancangan turap aktual 2.4 m dan panjang total turap 8 m, sementara di lokasi
proyek panjang turap diangkur yang digunakan besar dari 8 m yaitu 12 m sama halnya dengan
turap kantilever.
Kata kunci: Turap kantilever, turap diangkur, stabilitas turap, kedalaman pemancangan, panjang
total turap.

Downloads

Issue

Section

Vol.13, No.1 Oktober 2014