LAYANAN SOCIETY 5.0 PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA RESERVASI BUKU “BY REQUEST”
Abstrak
Pandemi Covid-19 membawa dampak terhadap kegiatan layanan di perpustakaan.
Kebiasaan-kebiasaan pemustaka berkunjung, beraktivitas di perpustakaan, tiba-tiba
semua layanan tatap muka dihentikan. Implementasi dari kebijakan pemerintah dalam
era tatanan adaptasi baru di bidang perpustakaan dan prinsip kebijakan pendidikan
di masa pandemi Covid-19 melahirkan inovasi-inovasi dan transformasi layanan dari
perpustakan. Aplikasi siquest.uajy.ac.id salah satu layanan society 5.0 yang menjadi
bukti tranformasi layanan peminjaman buku secara online. Tujuan penulisan makalah
memaparkan penerapan teknologi untuk pelayanan perpustakaan yang berkelanjutan,
peningkatan sumber daya perpustakaan, strategi, alur peminjaman by request serta
peran pustakawan dalam memberikan layanan peminjaman buku by request. Metode
penulisan makalah ini melalui studi literatur dalam ilmu perpustakaan dan layanan.
Hasil penulisan makalah berupa inovasi, strategi dan peran Perpustakaan Universitas
Atma Jaya Yogyakarta dalam memberikan layanan peminjaman buku menggunakan
aplikasi siquest.uajy.ac.id.


