Rumah BUMN (RB) sebagai wadah pembinaan dan monitoring perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang memerlukan pengembangan produk, kualitas, pemanfaatan teknologi dan manajemen. Sebagai wadah pembinaan UMKM Rumah BUMN melakukan pembaharuan dalam pelaksanaan program pengembangan UMKM dengan menyesuaikan dengan kebutuhan UMKM. Tulisan ini bertujuan menganalisis pembentukan platform digital dan pemanfaatannya dalam proses pembinaan e-commerce UMKM dengan latar belakang yang beragam. Penelitian dengan judul “Pembentukan Platform Digital E-commerce dan Pembinaan E-commerce UMKM oleh Rumah BUMN BRI D.I. Yogyakarta” dilatar belakangi permasalahan UMKM yang tidak hanya berhenti pada pengembangan produk dan proses produksi tetapi berlanjut hingga proses distribusi pemasaran.
Rumah BUMN menjadi Lembaga perantara pengenalan serta sosialisasi penggunaan platform digital bagi UMKM. Studi terhadap permasalahan tersebut dengan menganalisis pembentukan platform digital e-commerce dalam kegiatan pembinaan dengan menggunakan teori SCOT. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan pengumpulan data sekunder. Informan yang dilibatkan dari Rumah BUMN dan UMKM anggota binaan. Pada hasil temuan menunjukkan produksi platform digital e-commerce di Rumah BUMN sebagai konstruksi sosial teknologi dengan memanfaatkan 3 platform e-commerce yaitu e-commerce umum, e-commerce khusus dan sosial media. Platform digital e-commerce membantu proses pembinaan yang dikategorikan menjadi UMKM Go Modern, Go Digital dan Go Online. Platform digital e-commerce dalam pembinaan UMKM sebagai solusi UMKM mengatasi permasalahan pemasaran produk dan membantu UMKM meningkatkan kualitas untuk naik kelas menuju digital ekonomi.
Kata kunci: Platform digital, E-commerce, Pembinaan, UMKM
Diterbitkan: 2024-05-01