Pelatihan Desain Grafis Digital dengan Canva untuk Siswa SMA Pangudi Luhur Santo Vincentius Giriwoyo

Authors

  • Kristina Wulandari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Theofilus Willy Marojahan Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Fortuna Natalina Siregar Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Merryanti Edyanto Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Chaila Zefanya Wiatantri Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v4i1.11607

Keywords:

pelatihan, desain grafis, Canva, kemampuan digital, kreativitas, sekolah menengah atas

Abstract

Desain digital telah mendorong perubahan besar dalam pendidikan, termasuk metode pembelajaran. Canva, platform desain grafis yang mudah diakses oleh pemula, dimanfaatkan dalam pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan desain grafis siswa SMA Pangudi Luhur Santo Vincentius Giriwoyo. Pelatihan berlangsung selama dua hari (480 menit) dengan tambahan 240 menit untuk penyusunan modul, total 720 menit. Sebanyak 26 siswa mengikuti kegiatan yang mencakup pengenalan dasar desain, seperti kombinasi warna, tipografi, dan tata letak. Metode berbasis proyek diterapkan agar siswa langsung mempraktikkan materi. Selain keterampilan teknis, pelatihan ini juga menumbuhkan kreativitas, pola pikir kritis, dan kerja sama. Evaluasi menunjukkan respons sangat positif, dengan skor kepuasan 78,40%–89,60%. Peningkatan signifikan terjadi pada aspek penerapan materi (89,60%), motivasi penggunaan Canva (86,40%), dan penguasaan dasar desain. Temuan ini menunjukkan keberhasilan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi digital siswa secara praktis dan berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles