Pelatihan Desain Grafis Digital dengan Canva untuk Siswa SMA Pangudi Luhur Santo Vincentius Giriwoyo
DOI:
https://doi.org/10.24002/giat.v4i1.11607Keywords:
pelatihan, desain grafis, Canva, kemampuan digital, kreativitas, sekolah menengah atasAbstract
Desain digital telah mendorong perubahan besar dalam pendidikan, termasuk metode pembelajaran. Canva, platform desain grafis yang mudah diakses oleh pemula, dimanfaatkan dalam pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan desain grafis siswa SMA Pangudi Luhur Santo Vincentius Giriwoyo. Pelatihan berlangsung selama dua hari (480 menit) dengan tambahan 240 menit untuk penyusunan modul, total 720 menit. Sebanyak 26 siswa mengikuti kegiatan yang mencakup pengenalan dasar desain, seperti kombinasi warna, tipografi, dan tata letak. Metode berbasis proyek diterapkan agar siswa langsung mempraktikkan materi. Selain keterampilan teknis, pelatihan ini juga menumbuhkan kreativitas, pola pikir kritis, dan kerja sama. Evaluasi menunjukkan respons sangat positif, dengan skor kepuasan 78,40%–89,60%. Peningkatan signifikan terjadi pada aspek penerapan materi (89,60%), motivasi penggunaan Canva (86,40%), dan penguasaan dasar desain. Temuan ini menunjukkan keberhasilan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi digital siswa secara praktis dan berkelanjutan.