Pengembangan Portofolio Digital Berbasis LinkedIn sebagai Upaya Persiapan Siswa SMA/SMK Menuju Dunia Kerja dan Pendidikan Lanjut

Authors

  • Kristina Wulandari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Florensia Sapty Rahayu Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Keywords:

Personal Branding, Portofolio Digital, LinkedIn, Siswa SMA dan SMK

Abstract

Di era digital, kemampuan membangun portofolio profesional secara daring merupakan keterampilan krusial yang perlu dimiliki oleh generasi muda. Untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam hal tersebut, dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di tiga sekolah: SMA BOPKRI 3 Yogyakarta, SMA Pius Bakti Utama Purworejo, dan SMK Negeri 4 Purworejo. Program ini mencakup pelatihan langsung, praktik pembuatan akun LinkedIn, serta penyuluhan mengenai pentingnya personal branding. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respons positif terhadap materi dan metode yang digunakan. Mereka mengakui bahwa kegiatan ini memperluas wawasan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya membangun jejak digital yang profesional. Namun, pelaksanaan program menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan akses internet, larangan penggunaan ponsel di lingkungan sekolah, serta perbedaan kultur belajar antara siswa dan pemateri. Meskipun demikian, program ini berhasil membuka akses awal terhadap pemanfaatan platform profesional di kalangan pelajar. Hal ini dibuktikan dengan 90,47% peserta yang menyatakan berencana menggunakan LinkedIn di masa depan. Ke depan, dibutuhkan pendekatan yang lebih adaptif dan kolaboratif untuk menjawab tantangan infrastruktur dan budaya belajar. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pengenalan platform profesional seperti LinkedIn sejak dini dapat menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja dan pendidikan tinggi secara lebih siap dan kompetitif.

Downloads

Published

2025-11-30