Edukasi Fenomena Bullying pada Peserta Didik SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta

Authors

  • Andrea Jatikumoro Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Jovanko Allosius Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Stefanus Wijayanto Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Emi Damanta Sembiring Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Putri Nastiti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v3i2.9144

Keywords:

Perundungan, Video Edukasi, Sekolah Dasar

Abstract

Perundungan atau bullying adalah perilaku yang berdampak buruk bagi para korban serta pelaku. Pada umumnya anak-anak tidak mengetahui apakah perilaku tersebut baik atau buruk. Terkadang, peserta didik masih terus melakukan perilaku tersebut karena dianggap hanya iseng. Adanya edukasi yang dapat meningkatkan kesadaran anak, mengajarkan empati, mengenali tanda-tanda untuk waspada terkait bullying dan mengajarkan strategi penanggulangan. Peserta didik akan lebih mengerti bagaimana sebaiknya bersikap, tidak lagi melakukan perilaku bullying atau pengamat dapat lebih peduli terhadap keadaan sekitarnya. Teknik pengumpulan hasil dari kegiatan edukasi menggunakan mix method yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif sebagai perhitungan. Hasil awal bahwa sebagian peserta didik memiliki pemahaman dasar tentang bullying. Video animasi yang dikembangkan berhasil menyampaikan informasi tentang pengertian, contoh, dampak, dan pencegahan bullying secara menarik dan mudah dipahami. Evaluasi pada rata-rata nilai tes setelah kegiatan yaitu sebesar 6 skor, menunjukkan mencapai pemahaman terkait materi yang disampaikan. Kegiatan pengabdian diharapkan dapat membantu kesadaran serta kepedulian terhadap bahaya bullying.

Downloads

Published

2024-11-23