Optimalisasi Teknologi Informasi untuk Peningkatan Penjualan dan Daya Saing pada UMKM Alkabes
DOI:
https://doi.org/10.24002/giat.v3i1.9156Keywords:
UMKM, Teknologi informasi, E-commerce, Google Business Profile, Media sosial InstagramAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mengembangkan perekonomian Indonesia. Salah satu faktor utama yang memengaruhi daya saing UMKM adalah kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan penjualan Warung Makan Alkabes melalui pemanfaatan teknologi informasi, termasuk e-commerce ShopeeFood, Google Business Profile, dan media sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah pelatihan secara offline selama 2 hari dengan materi mengenai pengelolaan Google Business Profile, pendaftaran UMKM di e-commerce, strategi promosi menggunakan media sosial Instagram, dan pembuatan konten promosi menggunakan aplikasi Canva. Implementasi dari pengabdian menunjukkan bahwa optimalisasi teknologi informasi pada Warung Makan Alkabes membawa keuntungan dan dampak yang signifikan dalam meningkatkan penjualan dan daya saing. Mitra usaha mendapatkan pemahaman mengenai teknologi dan mampu menerapkannya pada usaha Warung Makan Alkabes.