Optimalisasi Teknologi Informasi untuk Peningkatan Penjualan dan Daya Saing pada UMKM Alkabes

Authors

  • Valensia Elsa Kurnia Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Evelyn Michelle Aurelia Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Ni Gusti Putu Saniskalita Desniari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Stephanie Caroline Cen Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Putri Nastiti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v3i1.9156

Keywords:

UMKM, Teknologi informasi, E-commerce, Google Business Profile, Media sosial Instagram

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mengembangkan perekonomian Indonesia. Salah satu faktor utama yang memengaruhi daya saing UMKM adalah kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan penjualan Warung Makan Alkabes melalui pemanfaatan teknologi informasi, termasuk e-commerce ShopeeFood, Google Business Profile, dan media sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah pelatihan secara offline selama 2 hari dengan materi mengenai pengelolaan Google Business Profile, pendaftaran UMKM di e-commerce, strategi promosi menggunakan media sosial Instagram, dan pembuatan konten promosi menggunakan aplikasi Canva. Implementasi dari pengabdian menunjukkan bahwa optimalisasi teknologi informasi pada Warung Makan Alkabes membawa keuntungan dan dampak yang signifikan dalam meningkatkan penjualan dan daya saing. Mitra usaha mendapatkan pemahaman mengenai teknologi dan mampu menerapkannya pada usaha Warung Makan Alkabes.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles