Pelatihan Kecerdasan Buatan bagi Guru-guru TK dan SD Yayasan Agape Makedonia

Authors

  • Ratnadewi Ratnadewi Universitas Kristen Maranatha
  • Judea Janoto Jarden Universitas Kristen Maranatha
  • Yohana Susanthi Universitas Kristen Maranatha
  • Aan Darmawan Hangkawidjaja Universitas Kristen Maranatha
  • Riko Arlando Saragih Universitas Kristen Maranatha
  • Daniel Setiadikarunia Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i2.10267

Keywords:

kecerdasan buatan, materi ajar, guru, TK, SD

Abstract

Guru-guru TK dan SD di bawah naungan Yayasan Agape Makedonia mengalami kesulitan dalam mempersiapkan bahan ajar yang baik bagi siswa-siswanya, sehingga diperlukan banyak waktu dan seringkali tidak keburu. Solusi atas masalah tersebut diberikan oleh Prodi Teknik Elektro – Universitas Kristen Maranatha, melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan metode Participatory Action Research (PAR) berupa workshop/pelatihan penggunaan kecerdasan buatan untuk membuat bahan ajar dalam 2 sesi. Sebanyak 82% peserta menilai baik & sangat baik terhadap pengajar (instruktur) dalam menyampaikan materi, 88% peserta menilai baik & sangat baik terhadap materi yang diberikan. Terkait fasilitas komputer yang disediakan 81% peserta menilai baik & sangat baik, sedangkan untuk waktu yang disediakan dinilai sudah & sangat cukup oleh 82% peserta. Demikian pula dengan pelayanan panitia dan konsumsi, masing-masing dinilai baik dan sangat baik oleh 88% dan 82% peserta. Dengan demikian secara umum penyelenggaraan pelatihan ini dinilai baik dan sangat baik oleh mayoritas peserta, meskipun demikian penelusuran terhadap hal-hal yang perlu diperbaiki, tetap dilakukan guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan di kesempatan berikutnya.

References

[1] R. F. Naryanto, M. K. Delimayanti, M. Faizal, A. Arifin, I. Sukoco, and F. Fadillah, “Media Pembelajaran Kendaraan Bermotor Berbasis Permainan Virtual Reality di SD Negeri Barusari 02 Semarang Selatan,” J. Atma Inovasia, vol. 4, no. 4, pp. 2–7, 2024, [Online]. Available: https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/5997

[2] T. Arifin et al., “Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Terhadap Perkembangan Wisata Desa Candirejo,” J. Atma Inovasia, vol. 2, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/4467

[3] F. H. Puspitasari, T. R. Laheba, U. A. Jaya, J. B. No, and K. Depok, “Pembuatan Website Sebagai Channel Penjualan dan Branding pada E-Commerce,” J. Atma Inovasia, vol. 2, no. 3, 2022, [Online]. Available: https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/4467

[4] F. Yustiasari Liriwati, “Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 62–71, Jul. 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.61.

[5] R. Ratnadewi et al., “Pelatihan Kecerdasan Buatan bagi Siswa-Siswi SMKN-4 Bandung,” Aksi Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 233–240, 2023.

[6] E. M. Sartika et al., “Pemanfaatan Tools AI dalam Pembuatan Materi Pengajaran bagi Guru- Guru di BPPK Bandung,” J. Atma Inovasia, vol. 4, no. 4, pp. 153–157, 2024, doi: 10.24002/jai.v4i4.9399.

[7] S. Sahren, Ruri Ashari Dalimunthe, A. Afrisawati, and Muhammad Wahi Butar-Butar, “Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di UPT SD Negeri 04 Sei Muka,” J. Indones. Soc. Soc., vol. 1, no. 3, pp. 132–139, 2023, doi: 10.59435/jiss.v1i3.205.

[8] M. Mackey, “Accessing Middle School Social Studies Content Through Universal Design for Learning,” J. Educ. Res. Pract., vol. 9, no. 1, pp. 81–88, 2019, doi: 10.5590/JERAP.2019.09.1.06.

[9] C. Macdonald, “Understanding Participatory Action Research : A Qualitative Research Methodology Option,” Can. J. Action Res., vol. 13, no. 2, pp. 34–50, 2012.

[10] F. Cornish et al., “Participatory action research,” Nat. Rev. Methods Prim., vol. 3, no. 1, p. 34, Apr. 2023, doi: 10.1038/s43586-023-00214-1.

[11] M. Hartanti and C. C. Lukman, “Pendampingan Perancangan Desain Konten Instagram Produk Lokal Minyak Atsiri Laloka,” J. Atma Inovasia, vol. 2, no. 6, pp. 631–636, 2022, doi: 10.24002/jai.v2i6.6480.

[12] J. López Espejel, E. H. Ettifouri, M. S. Yahaya Alassan, E. M. Chouham, and W. Dahhane, “GPT-3.5, GPT-4, or BARD? Evaluating LLMs reasoning ability in zero-shot setting and performance boosting through prompts,” Nat. Lang. Process. J., vol. 5, no. August, p. 100032, 2023, doi: 10.1016/j.nlp.2023.100032.

[13] K. Combs, T. J. Bihl, and S. Ganapathy, “Utilization of generative AI for the characterization and identification of visual unknowns,” Nat. Lang. Process. J., vol. 7, no. December 2023, p. 100064, 2024, doi: 10.1016/j.nlp.2024.100064.

[14] D. Satrinia, R. R. Firman, and T. N. Fitriati, “Potensi Artificial Intelligence dalam Dunia Kreativitas Desain,” J. Informatics Commun. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 159–168, Dec. 2023, doi: 10.52661/j_ict.v5i1.164.

[15] Canva, “Membuat poster mudah & cepat di Canva,” 2023. https://www.canva.com/id_id/membuat/poster/

[16] L. Cahya, Caroline Risya Belinda, Lorensius Dimas Triprasojo, Kezia Nathalie Margareth, and Valerya Vioretta Tantra, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva di Tengah Pandemi Covid-19 pada Pondok Asuh Harapan Yogyakarta,” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 1, pp. 24–29, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i1.5997.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles