Pendampingan Optimasi Produksi dan Pemasaran di Keluarga Difabel Pinilih

Authors

  • Parmonangan Manurung Universitas Kristen Duta Wacana
  • Jonathan Herdioko Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i1.10294

Keywords:

disabilitas, kewirausahaan, kenyamanan bangunan, optimasi produksi, pemasaran

Abstract

Difabel merupakan kelompok masyarakat termasuk dalam kelompok rentan. Undang-undang melindungi difabel dan masyarakat luas memiliki kewajiban moral mendukung agar difabel memiliki kemandirian. Mitra merupakan komunitas yang memberdayakan difabel dan tergabung dalam Yayasan Pinilih Sedayu Sejahtera memiliki misi melayani masyarakat difabel. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memiliki tujuan membantu difabel memiliki kemandirian dalam menjalankan  berbagai kegiatan, termasuk meningkatkan produksi dan pemasaran. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa permasalahan produksi dan pemasaran dipengaruhi oleh kondisi bangunan dan strategi pemasaran. Pendampingan difokuskan memberikan solusi penciptaan kondisi bangunan yang mendukung kinerja karyawan, serta merekomendasikan strategi pemasaran tepat. Pendampingan dalam kedua aspek penting dilakukan guna meningkatkan produksi dan pemasaran produk mitra. Luaran dihasilkan berupa rekomendasi perancangan yang sampaikan dalam bentuk dokumentasi gambar 2 dimensi dan 3 dimensi, serta rekomendasi strategi pemasaran. Luaran diharapkan dapat ditindaklanjuti melalui program lain, maupun kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan pendukung, serta program-program pemerintah.

References

[1] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. https://www.komnasham.go.id/files/1475231474-uu-nomor-39-tahun-1999-tentang-%24H9FVDS.pdf.

[2] S. Hoffman, “Preparing for Disaster: Protecting The Most Vulnerable in Emergencies Case Research Paper Series in Legal Studies,” 2008. Accessed: Dec. 11, 2024. [Online]. Available: https://ssrn.com/abstract=1268277

[3] M. Hartanti and C. C. Lukman, “Pendampingan Perancangan Desain Konten Instagram Produk Lokal Minyak Atsiri Laloka,” Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol. 2, no. 6, 2022, [Online]. Available: https://www.instagram.com/nares_essentialoil/

[4] Ismail Suardi Wekke, Metode Pengabdian Masyarakat: Dari rancangan ke publikasi. Indramayu: PENERBIT ADAB, 2022.

[5] E. Sudarmanto et al., Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis, 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/358157083

[6] R. Wulandari et al., “E-kiosk dan Pelatihan Konten Digital Instagram untuk Peningkatan Layanan Kesehatan Klinik,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 4, pp. 939–947, Aug. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i4.10382.

[7] A. Rahmawati, E. Adly, and F. Fidelia, “Perancangan Pembangunan Poskamling untuk Keamanan & Pemantauan Covid 19 di Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman,” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 121–127, 2021.

[8] S. Omrani, V. Garcia-Hansen, B. R. Capra, and R. Drogemuller, “Effect of natural ventilation mode on thermal comfort and ventilation performance: Full-scale measurement,” Energy Build, vol. 156, pp. 1–16, Dec. 2017, doi: 10.1016/j.enbuild.2017.09.061.

[9] P. Satwiko, S. R. Yanti, N. Sekarlangit, and C. K. Kurniawan, “Penataan akustik GKJ Gondokusuman Kota Yogyakarta,” Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol. 4, no. 6, 2024.

[10] D. Y. Y. Ferdinand and C. A. Tresyanto, Buku Ajar Strategi Pemasaran UMKM. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara (PMN), 2020.

[11] Erislan, Buku Ajar Manajemen Pemasaran Digital. Makassar: Mitra Ilmu, 2024.

[12] D. A. Rahadi et al., “Pemanfaatan Platform Digital sebagai Media Pemasaran Growol,” Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol. 2, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://kulonprogokab.bps.go.id

[13] K. Anwar, M. Yunus, and R. Alfin, “Digital marketing solusi pemasaran di era digital untuk meningkatkan omset penjualan UMKM,” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), vol. 6, no. 2, pp. 404–414, Jul. 2023, doi: 10.33474/jipemas.v6i2.19149.

[14] S. Disa, “E-Commerce sebagai Solusi Pemasaran bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” Inspiration Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 1, no. 2, 2011, doi: http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v1i2.9.

[15] Opan Arifudin, Fenny Damayanti Rusmana, Rahman Tanjung, and Udin Wahrudin, “Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 408–417, Aug. 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v4i3.4469.

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles