Strategi Belajar Efektif untuk Meningkatkan Prestasi Siswa SMK Miftahul Huda

Authors

  • Arista Diana ITESA Muhammadiyah Semarang
  • Zakaria Ikhtiyar
  • Lathifatul Aulia
  • Muhammad Ibnu Hajar

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i3.10924

Keywords:

Strategi Belajar, Efektivitas Pembelajaran, Prestasi Akademik, Metode Belajar

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif menjadi faktor utama dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Artikel ini membahas strategi belajar efektif yang dapat diterapkan di SMK Muftahul Huda untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengabdian masyarakat, dimana dilakukan pendampingan dan pelatihan kepada siswa dalam mengelola waktu belajar, menerapkan metode belajar aktif, serta memanfaatkan telknologi sebagai alat bantu pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan strategi seperti mind mapping, teknik pomodoro, diskusi kelompok, dan pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan motivasi, pemahaman materi, dan hasil akademik siswa. Selain itu, dukungan dari guru dan orang tua juga berperan penting dalam menciptakan lingkungan beljaar yang kondusif. Dengan adanya program ini, diharapkan siswa SMK Miftahul Huda dapat memiliki pola belajar yang lebih efektif, meningkatkan prestasi akademik, serta siap menghadapi tantangan dunia kerja maupun pendidikan lanjutan.

References

[1] R. A. Susianita and L. P. Riani, “Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi,” Pros. Pendidik. Ekon., pp. 1–12, 2024.

[2] E. Mukhsinah, K. Juniyanto, F. Amir, and S. Sundani, “Strategi Mengatasi Tantangan Belajar Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Yang Aktif Dalam Bekerja,” J. Motiv. Pendidik. dan Bhs., vol. 2, no. 2, pp. 25–36, 2024.

[3] I. K. Muyassaaroh, “Belajar Efektif dan Efisien untuk Problem Belajar Siswa yang Berprestasi Rendah,” Heutagogia J. Islam. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 87–96, 2021.

[4] Suryani dan Mirnawati., “Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Minat Belajar Siswa di Era Digital,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 8, no. 2, pp. 45–56, 2019.

[5] N. N. Karisna and T. Suharto, “Strategi Mengatasi Masalah Belajar Siswa Melalui Melalui Gaya Belajar,” vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2024.

[6] M. C, N. S, and I. Murni, “Peran orang tua dan guru,” JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., vol. 6, no. 1, p. 49, 2021.

[7] F. Fahrurrazi, S. Setia, and P. Jayawardaya, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Melalui Metode Pembelajaran Interaktif,” Bhs. dan Budaya, vol. 2, no. 3, pp. 101–110, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.776.

[8] A. F. Diana and M. S. Madani, “STRATEGI EFEKTIF PENGELOLAAN DAN ANALISIS DATA PT . NUSANTARA BUILDING INDUSTRIES DENGAN MICROSOFT EXCEL,” vol. 4, no. 2, pp. 72–82, 2024.

[9] J. P. Masyarakat, A. F. Diana, Z. B. Ikhtiyar, and L. Aulia, “PEMANFAATAN FORMULA LOGIKA DALAM MICROSOFT EXCEL,” vol. 4, no. 1, pp. 23–32, 2024.

[10] D. Istiawan, N. Huda, A. Mahiruna, and S. Y. Prayogi, “Pelatihan Microsoft Excel Untuk Peningkatan Soft Skills Anggota Perhimpunan Human Resources Development Jawa Tengah,” J. Pengabdi. Masy. INTIMAS, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2024.

[11] N. Rosmi, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 003 PULAU JAMBU Nurli Rosmi PENDAHULUAN Sekolah Dasar ( SD ) merupakan landasan awal penentu kesuksesan siswa pada tahap pendidikan selanjutnya . K,” J. PAJAR, vol. 1, no. 2, pp. 161–167, 2017.

[12] D. Rahman, Adlim, and Mustanir, “Analisis Kendala Dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia Pada Slta Negeri Kabupaten Aceh Besar,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 03, no. 02, pp. 1–13, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

[13] P. Setyosari, “Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 5, pp. 20–30, 2017, doi: 10.17977/um031v1i12014p020.

[14] Muharrir, dkk, "Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang," Jurnal Pendidikan Islam Al-Islah. vol.20 No.2, 2022, https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318.

[15] Tangsi,dkk, "Pelatihan Pembuatan Power Point Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru," Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, UNM, ISBN : 978-623-7496-57-1.

[16] Aulia L, dkk, "Peningkatan Produktivitas Karyawan PT. NBI Melalui Pelatihan Microsoft Ecel Sebagai Strategi Dalam Pengelolaan Data Perusahaan," Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol.5 no.5, 2024.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles