PERSONAL BRANDING, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN WORD OF MOUTH DALAM MENINGKATKAN BUYING DECISION PADA KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiksnayana Vipraprastha Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.24002/modus.v34i1.5061

Abstract

ABSTRACT

 

 In doing a good marketing effort to attract consumer purchasing decisions is to pay attention to personal branding, social media marketing and word of mouth. With the increasing number of purchasing decisions, especially those aimed at E-Commerce Shopee consumers, this study aims to find out the relationship between personal branding, social media marketing and word of mouth on purchasing decisions. This study involved 130 respondents. There are three hypotheses put forward for in-depth analysis. There are differences in previous studies, the results state that there is a relationship between personal branding, social media marketing and word of mouth on purchasing decisions. This research provides a number of implications, limitations and directions for further research.

 

Keywords: personal branding; social media marketing; word of mouth; buying decision

 

 

ABSTRAK

 

Dalam melakukan usaha pemasaran yang baik untuk menarik buying decision konsumen adalah dengan cara memperhatikan personal branding, social media marketing dan word of mouth. Dengan semakin meningkatnya buying decision terutama yang ditujukan pada konsumen E-Commerce Shopee, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hubungan personal branding, social media marketing dan word of mouth terhadap buying decision. Penelitian ini melibatkan 130 responden. Ada tiga hipotesis yang dikemukakan untuk dianalisis secara mendalam. Terdapat perbedaan pada studi sebelumnya, hasil menyatakan bahwa adanya hubungan antara personal branding, social media marketing dan word of mouth terhadap buying decision. Dalam penelitian ini memberikan sejumlah implikasi, batasan dan arahan untuk penelitian selanjutnya.

 

Kata kunci: personal branding; social media marketing; word of mouth; buying decision

References

Andari, Rini., dan Napu, Della Maghfira. (2016). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Maskapai Penerbangan Domestik di Davina Tour and Travel Gorontalo. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol.VI No.1. Hal 1013-1022.

Babin, Barry. (2014). Modelling Consumer Satisfaction and Word of Mouth: Restaurant Patronage in Korea, The Journal Of Service Marketing. Vol 19 No.3 hal 133 – 139.

Dharmmesta, Basu Swastha dan Hani T Handoko. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan Kelima. Yogyakarta: BPFE.

Finanda, Iknesya Rahma., dan Wiwaha, Arjuna. (2017). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan (Studi Pada Konsumen Miloff Beauty Bar). Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika, Vol 1, No 2, Hal 134-140.

Fitriyah, Ida Nurul. (2019). Pengaruh Harga, Brand Image dan Personal Branding terhadap Keputusan Pembelian Produk Sang Pisang Royal Plaza Surabaya. Diakses 11 Agustus 2021, http://digilib.uinsby.ac.id/39136/.

Gunelius, Susan. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw Hill.

Haroen D. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keller, K. d. (2012). Manajemen Pemasaran edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

McNally, David dan Karl D. Speak. (2009). Be Your Own Brand, a Breakthrough Formula for Standing Out from the Crowd. Berret-Koehler Publishers, pdf.

Mileva, Lubiana., dan Fauzi DH, Achmad. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 58 No. 1, Hal 190-199.

Montoya, P., & Vandehey, T. (2009). The Brand Called You: Create a Personal Brand that Wins Attentions and Grows Your Business. New York: McGraw Hill.

Pamungkas, B. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10 (2): 145-160.

Putra, I Dewa Putu Gede Wiyata., dan Aristana, Made Dona Wahyu. (2020). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention (Studi Kasus: SMK Kesehatan Sanjiwani Gianyar). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Vol 9. No 11, Hal 1035-1044.

Putri, Aurelia Salsabila., dan Zakaria, Roni. (2020). Analisis Pemetaan E-Commerce Terbesar Di Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan Ekonomi Digital. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC. C06.1-C06.14

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4. Salemba Empat, Jakarta.

Siregar, August Halomoan. (2020). Pengaruh Harga, Brand Image dan Personal Branding Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Toko Medan Top Galeri. Jurnal Ilmiah Smart, Volume IV No.2, Hal 98-106.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardy. (2011). The Power of Word of Mouth. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, Ujang. (2014). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi kedua. Bandung.

Wasesa, S.A. (2011). Political Branding & Public Relations. Jakarta: PT Gramedia.

Downloads

Published

2022-01-25

Issue

Section

Articles