ANTESEDEN NIAT PENGGUNAAN BERKELANJUTAN DAN PENGARUHNYA PADA NIAT MEREKOMENDASIKAN TELEMEDISIN PASCA-PANDEMI COVID-19

Authors

  • Caraka Anto Yuwono Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Jeanne Ellyawati Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/modus.v34i2.6063

Abstract

ABSTRACT

The dramatic development of information and communication technology triggered by the Covid-19 pandemic situation has prompted changes in the patient's behavior in using health services. The purpose of this study was to determine whether, after the pandemic ended, patients still wanted to continue using telemedicine for their treatment. This study attempts to integrate the theory of attitude, ECM, UTAUT2, social media brand communication, and consumer trust models to predict post-Covid-19 telemedicine continuance use intentions. The antecedent variables used in this study are satisfaction, confirmation, initial trust in doctors, social media content, and UTAUT2, which are represented by performance expectations, effort expectations, social influences, facilitating conditions, price values, and habits. An online survey design was employed to collect data. A structured questionnaire was distributed to telemedicine users using google forms. The sampling method used in this study is purposive sampling. A total of 224 respondents were collected, and data were processed with SmartPLS. The study found that effort and confirmation expectations positively affect performance expectations. Whereas confirmation and performance expectations positively affect satisfaction. Price values and habits positively affect continuance usage intention in using telemedicine after the Covid-19 pandemic. The results also found that the continuance usage intention affects the intention to recommend. Meanwhile, four of the six variables in the UTAUT2 model (performance expectations, effort expectations, social influence, facilitating conditions) were not shown to affect the continuance usage intention. Likewise, satisfaction, initial trust in doctors, and social media content did not affect the continuance usage intention.

 Keywords: UTAUT2; ECM; satisfaction; trust; social media content; continuance usage intention; intention to recommend.

 

ABSTRAK

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dramatis yang dipicu oleh situasi pandemi Covid-19 telah mendorong perubahan perilaku pasien dalam menggunakan layanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah, setelah pandemi berakhir, pasien masih ingin terus menggunakan telemedicine untuk pengobatannya. Penelitian ini mencoba mengintegrasikan teori sikap, ECM, UTAUT2, komunikasi merek media sosial, dan model kepercayaan konsumen untuk memprediksi niat penggunaan telemedicine pasca Covid-19. Variabel anteseden yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepuasan, konfirmasi, kepercayaan awal pada dokter, konten media sosial, dan UTAUT2, yang diwakili oleh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi memfasilitasi, nilai harga, dan kebiasaan. Desain survei online digunakan untuk mengumpulkan data. Kuesioner terstruktur dibagikan kepada pengguna telemedicine dengan menggunakan google form. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sebanyak 224 responden dikumpulkan, dan data diolah dengan menggunakan SmartPLS. Studi ini menemukan bahwa ekspektasi usaha dan konfirmasi secara positif memengaruhi ekspektasi kinerja. Sedangkan konfirmasi dan ekspektasi kinerja berpengaruh positif terhadap kepuasan. Nilai harga dan kebiasaan berpengaruh positif pada penggunaan telemedicine berkelanjutan pasca pandemi Covid-19. Hasil penelitian juga menemukan bahwa niat penggunaan berkelanjutan memengaruhi niat untuk merekomendasikan. Sementara itu, empat dari enam variabel dalam model UTAUT2 (ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitasi) tidak terbukti memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan. Demikian juga kepuasan, kepercayaan awal pada dokter, dan konten media sosial tidak memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan.

Kata kunci: UTAUT2; ECM; kepuasan; kepercayaan; konten media sosial; niat penggunaan berkelanjutan; niat merekomendasikan.

 

Downloads

Published

2022-09-19

Issue

Section

Articles