Gambaran Destinasi sebagai Pemediasi Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Niat Berkunjung pada Kepulauan Derawan

Authors

  • Galuh Mira Saktiana Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.24002/modus.v37i2.9471

Abstract

This study aims to examine the intention to visit the Derawan Islands which is influenced by social media marketing and mediated by destination description. This research was conducted on all generations. This research is a descriptive statistics with cross sectional design. This study uses the population of all Indonesian citizens who know the natural attractions of Derawan Island. The sampling method uses non probability sampling with purposive sampling technique, with a sample size of 300 respondents using the Google Form in data collection. The results of testing validity include testing convergent validity and producing valid results. Then followed the reliability test and obtained reliable results. PLS-SEM is used as an analysis tool for this research. The results of this study state that 9 of the hypotheses are declared accepted and only one that is not accepted is that travel motivation does not have a significant effect on the description of the destination. This means that consumers are not influenced by the motivations they have, both internal and external to the description of a destination.

Keywords: social media; influencer; motivation; destination image; intention.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji niat untuk berkunjung ke Kepulauan Derawan yang dipengaruhi oleh pemasaran media sosial dan dimediasi oleh gambaran destinasi. Penelitian ini dilakukan pada semua generasi. Penelitian ini merupakan statistik deskriptif dengan cross sectional design. Penelitian ini menggunakan populasi semua warga Indonesia yang mengetahui wisata alam Pulau Derawan. Adapun metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling, dengan ukuran sampel sebanyak 300 responden menggunakan Google Form dalam pengumpulan data. Hasil pengujian validitas meliputi pengujian validitas konvergen dan diskriminan dan menghasilkan hasil yang valid. Kemudian dilanjutkan uji reliabilitas dan diperoleh hasil yang reliabel. PLS-SEM digunakan sebagai alat analisis untuk penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa sembilan dari hipotesis dinyatakan diterima dan hanya satu yang tidak diterima yaitu motivasi perjalanan tidak berpengaruh signifikan pada gambaran destinasi. Artinya bahwa konsumen tidak terpengaruh dengan motivasi yang dimiliki konsumen tersebut baik berasal dari dalam diri maupun dari luar atas gambaran sebuah destinasi.

Kata kunci: media sosial; influencer; motivasi; gambaran destinasi; ni

Downloads

Published

2025-09-16