Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) oleh Guru untuk Pembelajaran Transformatif

Authors

  • Flourensia Sapty Rahayu Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Emanuel Ristian Handoyo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Generosa Lukhayu Pritalia Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v3i2.10110

Keywords:

kecerdasan buatan (AI), AI generatif, guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Abstract

Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah menjadi topik penting dalam pendidikan, membawa perubahan signifikan di berbagai bidang. AI telah diterapkan untuk mendukung sistem pendidikan, terutama selama pandemi, dengan menyediakan materi yang disesuaikan dengan pemahaman dan kebutuhan setiap siswa. Meski penggunaannya luas, masih ada tantangan, terutama dalam konteks pendidikan di Indonesia. Salah satu masalah utama yang dihadapi guru adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP adalah rencana yang disusun oleh guru untuk mencapai kompetensi dasar yang harus diraih oleh siswa. Banyak guru melaporkan kesulitan dalam membuat RPP karena memakan waktu dan tenaga.Pelatihan ini dirancang untuk membantu guru memahami dan memanfaatkan teknologi AI dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam membuat RPP. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk pelatihan di empat sekolah: SMA Stella Duce 2, SMA Bopkri Banguntapan, SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo, dan SMK Sanjaya Gunungkidul. Pelatihan berlangsung dari Februari hingga Mei 2014, dengan 89 guru berpartisipasi. Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan lancar dan sukses. Hasil evaluasi dari kuesioner menunjukkan bahwa setelah pelatihan, 100% peserta mampu menggunakan teknologi AI untuk membuat RPP. Peserta juga berharap dapat mengeksplorasi lebih lanjut pemanfaatan AI dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2024-11-21