Edukasi Internet Sehat pada Anak-Anak di SD Negeri Donoharjo

Authors

  • I Dewa Gede Agung Kresna Dananjaya Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Jhovan Bryan Ginting Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Rafael Vitto Matarau Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Gregorius Eric Trimukti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Mariano Giovanie Liguori Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Generosa Lukhayu Pritalia Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v2i2.7220

Keywords:

Internet sehat, Kecanduan gadget, Sosialisasi, Cyberbullying, Sekolah ramah anak

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah sektor pendidikan, memaksa peralihan dari pembelajaran tatap muka menjadi jarak jauh. Teknologi menjadi penting, termasuk penggunaan Microsoft Word untuk tugas sekolah. Namun, banyak fitur penting yang belum diajarkan di sekolah, sehingga efisiensi dan efektivitas tugas siswa terbatas. Oleh karena itu, pelatihan penggunaan Microsoft Word bagi siswa sangat dibutuhkan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menyelenggarakan pelatihan tersebut, dengan menyajikan materi tentang fitur Microsoft Word melalui modul pembelajaran dan pengajaran langsung. Metode yang digunakan meliputi perencanaan melalui survei ke SD Marsudirini, persiapan dengan penyusunan modul dan persiapan kebutuhan, pelaksanaan pengabdian, dan evaluasi untuk perbaikan di masa depan. Hasilnya, diharapkan siswa kelas 4 SD Marsudirini Yogyakarta dapat memahami fitur Microsoft Word dalam mengerjakan tugas sekolah.

Downloads

Published

2023-11-30