Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Pada Kedai Joglo Bolo Seno

Authors

  • Zakaria Priyo Utomo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Muhammad Zam Zam Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Gusti Abimanyu Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Kevin Agatha S Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Yosef Baptista De Morin Dasman Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Muhammad Ryan Fauzan Rahawarin Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Generosa Lukhayu Pritalia Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v2i1.7187

Keywords:

Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM), Media Sosial, E-Commerce, Pelatihan, Pemasaran

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan menengah. Data UMKM di Kota Yogyakarta menunjukan adanya empat puluh delapan ribu UMKM. Faktor keberhasilan UMKM di antaranya adalah promosi melalui media sosial dan mengikuti event atau pameran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan UMKM untuk mempromosikan produknya adalah media sosial, seperti Instagram. Pengabdian ini dilakukan guna untuk meningkatkan pemasaran UMKM pada kedai Joglo Bolo Seno dengan memberikan pemahaman dan pelatihan media sosial, serta e-commerce sebagai media pemasaran. Metode yang digunakan pada pengabdian ini terdapat 3 tahapan metode yaitu pelatihan menggunakan e-commerce, pelatihan menggunakan media sosial Instagram, dan pelatihan menggunakan aplikasi canva. Hasil dari pengabdian ini berupa akun Instagram, akun Shopee-Food, akun Go-Food, dan pelatihan menggunakan aplikasi canva untuk membuat desain konten media sosial. Dari pengabdian ini diharapkan UMKM Joglo Bolo Seno dapat berkembang dengan adanya modernisasi bisnis.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles