Sistem Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Program Studi di Institusi Pendidikan Tinggi

Authors

  • Conan Aditya Wijaya PT. Astra International, Tbk.

DOI:

https://doi.org/10.24002/ijis.v1i1.1723

Keywords:

monitoring, evaluasi, borang akreditasi, penilaian

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya kebutuhan membuat proses bisnis semakin kompleks, tak terkecuali di bidang pendidikan. Banyaknya informasi dan sumber daya yang dimiliki oleh institusi pendidikan tinggi khususnya pada tingkat program studi akan membuat pengelolaan yang ada menjadi rumit. Untuk itu, perlu dilakukan proses monitoring dan evaluasi demi menjamin validitas transaksi yang ada. Pada penelitian ini, penulis membangun sebuah sistem yang dapat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan yang ada di program studi. Sistem ini dibangun berdasarkan poin-poin penilaian yang terdapat pada borang akreditasi. Poin-poin penilaian tersebut nantinya digunakan oleh pihak program studi sebagai tolak ukur dari kualitas sumber daya yang ada. Caranya adalah dengan mengkomparasikan data-data mentah yang terdapat pada borang akreditasi dengan rumus-rumus yang terdapat pada penilaian borang akreditasi. Hasil komparasi tersebut akan digunakan oleh pihak program studi dalam melihat performa sumber daya yang ada dalam satu tahun. Sistem ini berbasis web dan dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan sistem pengelolaan basis data MySQL.

References

R. P. Marques, H. Santos, and C. Santos, “A solution for real time monitoring and auditing of organizational transactions,” Procedia Technol., 2012.

Mudjahidin and N. D. P. Putra, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN PROYEK BERBASIS WEB STUDI KASUS DI DINAS BINA MARGA DAN PEMANTUSAN,” J. Tek. Ind., 2010.

T. Clark, Quality Assurance: Monitoring and Evaluation to Inform Practice and Leadership. Microsoft Corporation, 2015.

M. Ďurišová, A. Kucharčíková, and Emese Tokarčíková, “Assessment of Higher Education Teaching Outcomes (Quality of Higher Education),” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 174, pp. 2497–2502, 2015.

M. D.Uncles, “Directions in higher education: A marketing perspective,” Australas. Mark. J., vol. 26, no. 2, pp. 187–193, 2018.

Pemerintah Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Pemerintah Indonesia, 2012.

M. Keinänen, J. Ursin, and Kari Nissinen, “How to measure students’ innovation competences in higher education: Evaluation of an assessment tool in authentic learning environments,” Stud. Educ. Eval., vol. 58, pp. 30–36, 2018.

Tristan McCowan, “Quality of higher education in Kenya: Addressing the conundrum,” Int. J. Educ. Dev., vol. 60, pp. 128–137, 2018.

A. M. Aleixo, S. Leal, and U. M. Azeiteiro, “Conceptualization of sustainable higher education institutions, roles, barriers, and challenges for sustainability: An exploratory study in Portugal,” J. Clean. Prod., vol. 172, pp. 1664–1673, 2018.

J.S.Eaton, “The Role of Accreditation of Higher Education Institutions,” International Encyclopedia of Education (Third Edition). pp. 384–389, 2010.

Z. A. Memon, M. Z. A. Majid, and Mushairry Mustaffar, “A Systematic Approach for Monitoring and Evaluating the Construction Project Progress,” J. - Inst. Eng., vol. 67, no. 3, pp. 26–32, 2006.

Endi Putro, “Aplikasi Sistem Penyusunan Borang Akreditasi Program Studi (Buku III-A),” J. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, pp. 98–107.

Atin Triwahyuni, “Pengembangan Sistem Informasi Data Center Sebagai Penyedia Data Penyusunan Borang Akreditasi,” Telematika, vol. 11, no. 1, 2014.

M. R. Rafidianto, Sholiq, and Feby Artwodini Muqtadiroh, “Rancang Bangun Perangkat Lunak Sistem Monitoring Tugas Akhir (TA) Untuk Pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi Sesuai Kebutuhan Pengisian Borang Akreditasi BAN-PT Pada Jurusan Sistem Informasi ITS,” J. Tek. POMITS, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2013.

F. E. Nastiti and Susanto, “Prototype Aplikasi Layanan Monitoring Bimbingan Skripsi/Tugas Akhir Menggunakan Service Oriented Architecture Framework,” J. Duta.Com, vol. 8, no. 1, 2015.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Buku I: Naskah Akademik Akreditasi Program Studi Sarjana. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, 2008.

S. R. Koster, “An evaluation method for Business Process Management products,” University of Twente, 2009.

United Nations Development Group, Results-Based Management. United Nations Development Group, 2011.

Downloads

Published

2018-08-26

How to Cite

Aditya Wijaya, C. (2018). Sistem Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Program Studi di Institusi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i1.1723